Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Malang Tanam Rumput Vetiver Cegah Tanah Longsor

Selasa 25 Feb 2020 01:00 WIB

Red: Agung Sasongko

Pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor (ilustrasi).

Pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor (ilustrasi).

Foto: bpbd.kuningankab.go.id
Penanaman rumput vetiver dimulai di wilayah Kelurahan Pisang Candi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Kota Malang menggelar apel kesiapan penanaman rumput vetiverdalam upaya menggencarkan kegiatan penanaman rumput vetiver untuk mencegah tanah longsor.

Penanaman rumput vetiver dimulai di wilayah Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Suku, Kota Malang, setelah apel yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

Wakil Wali Kota ingin kegiatan penanaman rumput vetiver dilakukan secara konsisten di seluruh wilayah Kota Malang, terutamadi daerah rawan longsor dan daerah aliran sungai.

"Ke depan saya berharap agar rumput vetiver juga dapat kita tanam di wilayah Supiturang agar dapat mencegah terjadinya longsor. Lahannya sudah ada, tinggal kita persiapkan bibitnya," katanya.

Ia mengatakan, penanaman vetiverdi kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supiturang juga diharapkan bisa meredam pencemaran."Mesti ditata dulu, pematangan lahan, harus ada pengurukan tanah, kemudian proses pembibitan rumput. Semoga dalam waktu yang pendek ini kita bisa mempersiapkan itu semua, sehingga kita bisa tanam di sini," katanya.

Wakil Wali Kota juga meninjau TPASupiturangdan daerah longsor di Kelurahan Mulyorejodalam rangkaian kegiatan untuk menggerakkan penanaman rumput vetiver.

”Kami akan terus berkomitmen untuk menyukseskan gerakan tanam rumput vetiver ini agar dapat mencegah terjadinya tanah longsor, khususnya di kawasan yang rawan, seperti DAS dan TPA Supiturang," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA