Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Konferensi TEDxYouth Ajak Anak Muda Jadi Agen Perubahan

Ahad 23 Feb 2020 18:58 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Sekolah Sinarmas World Academy (SWA) menyelenggarakan konferensi inspiratif melalui ajang TEDxYouth di BSD, Sabtu (22/2).

Sekolah Sinarmas World Academy (SWA) menyelenggarakan konferensi inspiratif melalui ajang TEDxYouth di BSD, Sabtu (22/2).

Foto: SWA
Para peserta diharapkan saling berbagi ide dan membangun ide-ide tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Sekolah Sinarmas World Academy (SWA) kembali menyelenggarakan konferensi inspiratif bagi anak muda melalui ajang TEDxYouth. Acara yang dilaksanakan di Sekolah SWA, BSD, ini merupakan yang ketiga kalinya.

TEDxYouth tahun ini mengambil tema "Be the Change". Guru pembimbing SWA sekaligus inisiator acara, Hayden, mengatakan TEDx adalah tentang suara komunitas. Dari platform internasional, mereka coba menghadirkan ide-ide dan isu-isu penting dari komunitas lokal.

"Kami berharap bisa saling berbagi ide dan berpartisipasi membangun ide-ide tersebut dalam komunitas," ujar Hayden dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/2).

Dia menyebut, pada abad ke-21 ini berbagai masalah baru bermunculan setiap hari. Setiap orang memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan. Kecil atau besar masalah tersebut, tidak ada perubahan yang tidak berarti.

Hayden berharap, acara ini dapat menginspirasi kaum muda agar menjadi agen perubahan dengan cara mereka sendiri. Selain menjadi sumber inspirasi, acara ini juga diharapkan mampu menambah wawasan para peserta terhadap isu dunia saat ini.

Siswa SWA memiliki kurikulum seimbang antara pengembangan akademis dan juga keterampilan halus. "Kami tidak hanya membekali siswa dengan kemampuan akademis tetapi juga kompetensi yang dibutuhkan agar mereka siap menghadapi masa depan seperti kreativitas, berpikir kritis, kemampuan komunikasi, dan kolaborasi," jelas Hayden.

Kegiatan ini dilaksanakan seluruhnya oleh organisasi siswa yang tergabung dalam TEDx Youth. Terdapat lebih dari 10 pembicara inspiratif yang diundang dari berbagai bidang yang menunjukkan bahwa dimanapun dan dalam bidang apapun, setiap orang bisa berkontribusi dalam melakukan perubahan.

Managing Director SAP Indonesia, Andreas Diantoro, memberi pesan penting mengenai seberapa besar dampak pengalaman yang dirasakan saat ini. Menurut dia, sekarang adalah masa-masa luar biasa di mana pengalaman dapat memberi penghargaan kepada perusahaan atau membangun industri baru.

"Saya harap Anda semua dapat membuat pengalaman berharga dan menjadi bagian dari revolusi yang menyenangkan ini," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA