Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Bea Cukai Berikan Kemudahan Melalui KB Mandiri

Kamis 20 Feb 2020 19:19 WIB

Red: Hiru Muhammad

Bea Cukai Bogor mengadakan Sharing Session, Rabu (12/2) bersama para liaison officer (LO) kawasan berikat mandiri (KBM) tentang konsep pengawasan dan pelayanan di kawasan berikat yang efektif.

Bea Cukai Bogor mengadakan Sharing Session, Rabu (12/2) bersama para liaison officer (LO) kawasan berikat mandiri (KBM) tentang konsep pengawasan dan pelayanan di kawasan berikat yang efektif.

KB Mandiri dapat mengurangi waktu dan biaya yang dikeluarkan perusahaan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -– Sebagai wujud pelaksanaan fungsi Bea Cukai dalam mendukung industri dan memfasilitasi perdagangan, Bea Cukai Bogor mengadakan Sharing Session, Rabu (12/2) bersama para liaison officer (LO) kawasan berikat mandiri (KBM) tentang konsep pengawasan dan pelayanan di kawasan berikat yang efektif.

Kepala Kantor Bea Cukai Bogor, Tatang Yuliono menjelaskan anggaran yang dikeluarkan negara untuk membiayai pelayanan kawasan berikat (KB) cukup besar. Faktanya pelayanan di KB dilakukan berdasarkan manajemen risiko dengan tanggung jawab tetap melekat pada petugas Bea Cukai yang ditunjuk.

“Hadirnya fasilitas KB mandiri menjadikan pelayanan dilakukan secara mandiri oleh perusahaan KB atas persetujuan petugas secara online melalui sistem aplikasi Bea Cukai. Hingga 2022 diharapkan seluruh perusahaan KB akan melakukan pelayanan dan pengawasan dengan pola KB Mandiri,” ujar Tatang.

Efisiensi dari penerapan ini meningkat sebesar 37 persen. Angka ini menunjukkan pengawasan dan pelayanan di KB Mandiri lebih efisien daripada Kawasan Berikat. Keuntungan dari KB Mandiri juga dapat mengurangi waktu dan biaya yang dikeluarkan perusahaan seperti overtime cost, overtime hour dan production cost yang berkurang cukup signifikan.

Perusahaan merasa sangat diuntungkan dengan keberadaan KBM Mandiri, dengan menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai terhadap fasilitas KB Mandiri yang telah memberikan berbagai efisiensi dan kemudahan. 

“Diharapkan perusahaan KB Mandiri dapat membagikan success story mereka  kepada perusahaan KB lain sehingga makin banyak perusahaan yang mendapatkan fasilitas KB Mandiri. Kedepannya, semoga dapat memperbaiki peringkat EoDB (Ease of Doing Business) di Indonesia serta mempercepat peningkatan investasi dan ekspor tanah air,” harap Tatang.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA