Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Mensos Optimistis Dukungan Wirausaha Kurangi Dampak Global

Rabu 19 Feb 2020 22:06 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri Sosial RI Juliari P Batubara

Menteri Sosial RI Juliari P Batubara

Foto: Kemensos
Kombinasi program Kemensos dan pengendalian ekonomi cegah gejolak global

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara optimistis dukungan kewirausahaan dalam program pemberdayaan sosial Kementerian Sosial dapat membantu mengurangi dampak dari gejolak global terhadap angka kemiskinan di Indonesia.

"Kuncinya adalah pengendalian inflasi," kata Mensos saat berkunjung di Jakarta, Rabu (19/2). Ia mengatakan gejolak global, salah satunya akibat wabah virus corona, telah memengaruhi perekonomian dunia, termasuk juga Indonesia.

Upaya mitigasi yang dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus memaksa pemerintah dan perusahaan melakukan pembatasan ekspor dan impor, yang lebih jauh menyebabkan inflasi. Menurut dia, dampak inflasi tersebut sangat dirasakan oleh rakyat miskin karena mereka yang paling kesulitan ketika harga-harga barang mengalami kenaikan.

"Inflasi sangat dirasakan oleh rakyat miskin," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, kombinasi pengendalian inflasi makro ekonomi yang bagus dan juga program-program Kemensos yang sifatnya bantuan dan pemberdayaan dapat mengurangi dampak dari gejolak global tersebut terhadap tingkat kemiskinan.

Dengan bantuan sosial dan dukungan kewirausahaan, masyarakat dilatih untuk berwirausaha sehingga pada akhirnya menjadi mandiri dan lebih berdaya secara ekonomi. Kemandirian rakyat secara ekonomi itu pada akhirnya diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan dan juga membantu upaya pengendalian dampak ekonomi akibat krisis global.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA