Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Dua Cawagub DKI Mulai Persiapkan Diri untuk Uji Kelayakan

Rabu 19 Feb 2020 18:50 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani

DPRD DKI Jakarta

DPRD DKI Jakarta

Foto: Republika/Putra M. Akbar
DPRD DKI Jakarta akhirnya menyepakati tatib pemilihan cawagub DKI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraturan tata tertib (tatib) pemilihan calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta sudah disahkan DPRD DKI melalui Sidang Paripurna, Rabu (19/2). Dua cawagub mengakui mulai mempersiapkan berbagai persyaratan yang dijelaskan di dalam tatib untuk memenuhi syarat pemilihan, termasuk diantaranya adalah mempersiapkan diri saat melakukan uji kelayakan.

Cawagub DKI dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria berterima kasih kepada semua Anggota DPRD DKI Jakarta yang akhirnya menyepakati tatib pemilihan. Riza juga menyampailan terima kasih kepada beberapa fraksi di DPRD yang sudah menyatakan secara terbuka ataupun masih secara perseorangan menyatakan dukungan kepadanya.

Ariza, sapaan akrabnya, mengaku jelang pemilihan nanti, selain melakukan lobi ke beberapa fraksi, dirinya juga sedang mempersiapkan diri menghadapi uji kelayakan di DPRD. "Saya mempersiapkan agar fit and proper test nanti sesuai harapan untuk saya mengisi kursi Wagub DKI," kata Ariza kepada wartawan, Rabu (19/2).

Ariza pun berharap proses pemilihan Cawagub DKI ini bisa berjalan dengan baik dan memenuhi semua harapan publik. Kemudian tidak kalah pentingnya, siapapun yang dipilih nanti mampu bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyelesaikan persoalan Jakarta lebih cepat.

"Pada akhirnya Jakarta memiliki Wakil Gubernur yang mampu membantu Pak Anies menjalankan program Pemprov DKI melayani warga Jakarta," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Cawagub dari PKS Nurmansjah Lubis. Ia menyambut baik proses pengesahan tatib pemilihan wagub DKI yang berjalan lancar dalam sidang Paripurna yang digelar, Rabu (19/2). Nurmansjah yang akrab disapa Bang Ancah mengatakan dirinya sedang mempersiapkan berbagai persyaratan yang harus dimiliki sebagai cawagub DKI sebagaimana diatur dalam tatib yang telah disahkan.

"Sekarang kita persiapkan persyaratan administratif yang tertuang dalam pasal persyaratan cawagub. Selanjutnya well prepare atas penyampaian visi misi cawagub yang akan dibedah para aleg 106 orang serta publik yang dihadirkan," ungkapnya.

Nurmansjah sebelumnya telah menyiapkan beberapa visi dan misi unggulannya sebagai Wagub DKI. Ia menyebut visi misinya sebagai Panca Upaya Utama, untuk membantu Gubernur DKI Anies Baswedan. Ancah tak menampik memimpin DKI punya tanggung jawab besar. Sebab, banyak persoalan menanti, mulai dari macet, banjir, hingga sampah.

"Mudah-mudahan hal tersebut dapat diatasi dengan Panca Upaya Utama, Insya Allah," tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA