Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Dishub Siapkan Perlintasan Sebidang di Jalur KA Cibatu-Garut

Rabu 19 Feb 2020 15:59 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

PT KAI melakukan uji coba lokomotif di Stasiun Garut, Kamis (23/1). Untuk pertama kalinya, sejak jalur kereta Cibatu Garut ditutup pada 1983, lokomotif kembali masuk ke stasiun itu.

PT KAI melakukan uji coba lokomotif di Stasiun Garut, Kamis (23/1). Untuk pertama kalinya, sejak jalur kereta Cibatu Garut ditutup pada 1983, lokomotif kembali masuk ke stasiun itu.

Foto: Republika/Bayu Adji P
Pemkab Garut bersiap sambut kembali beroperasinya jalur kereta api Cibatu-Garut

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus bersiap menyambut kembali beroperasinya jalur kereta api Cibatu-Garut. Tak hanya menyiapkan potensi wisata untuk mengundang wisatawan datang menggunakan kereta api, pemkab juga bersiap dari sisi keselamatan para pengguna jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Suherman mengatakan menyiapkan beberapa hal untuk memastikan keamanan ketika kereta api Cibatu-Garut beroperasi. Pertama, Dishub Garut akan menyiapkan petugas untuk mengamankan setiap perlintasan sebidang.

"Itu dilakukan agar perlintasan di perlintasan sebidang terjaga keamanannya," kata dia, Rabu (19/2).

Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan rambu-rambu, terutama untuk di perlintasan. Terakhir, Dishub juga akan menyiapkan personel, terurama untuk pengamanan di jalur perlintasan.

Sementara untuk transportasi yang mengangkut penumpang dari stasiun akan tetap mengandalkan angkutan umum yang ada. Untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke destinasi tertentu, lanjut dia, dapat berhubungan dengan biro perjalanan wisata atau hotel tempatnya menginap jika menginginkan angkutan pribadi.

"Trayek tidak akan ada tambahan. Karena wisatawan itu sifatnya tak hisa diperkirakan ke mana-mananya," kata dia.

Namun, menurut dia, untuk berbelanja, ke depannya wisatawan yang datang ke Garut tak perlu repot-repot untuk pergi ke berbagai tempat. Sebab, berdasarkan informasi yang diterima dari PT KAI, Stasiun Garut akan dijadikan pusat UMKM khas Kabupaten Garut. Dengan begitu, orang-orang yang datang ke Garut, dapat berbelanja semua produksi hasil dan khas Garut di stasiun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA