Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Cara Menpora Pastikan Papua Aman Gelar PON 2020

Ahad 16 Feb 2020 04:40 WIB

Red: Didi Purwadi

Menpora Zainudin Amali

Menpora Zainudin Amali

Foto: Republika/Prayogi
Menpora keliling Jayapura pastikan Papua aman gelar PON 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, bersama rombongan datang ke Papua untuk melihat secara langsung venue-venue PON XX yang telah dan sedang dibangun. Menpora juga memantau langsung apakah kondisi Papua benar-benar aman untuk menggelar perhelatan akbar empat tahunan tersebut.

''Kami datang ke Papua untuk meyakinkan sekaligus menjawab kekhawatiran bahwa Papua layak menyelenggarakan PON,'' kata Menpora Zainudin Amali, seperti dikutip Antara, belum lama ini.

Menpora datang ke Papua untuk meresmikan Chef de Mission (CdM) Meeting I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Indonesia pada Kamis (12/2) malam. Acara digelar di salah satu hotel ternama di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Di sela-sela acara tersebut, Zainudin berkeliling Merauke melihat tempat pertandingan dan penginapan sebagai bagian dari kesiapan Sub PB PON XX Merauke. Beberapa venue dikunjungi di antaranya berada di Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kota dan Kabupaten Jayapura. 

Menpora pun mengaku tidak sebatas melihat kesiapan venue PON 2020. Ia juga memastikan apakah Papua memang aman untuk menggelar perhelatan akbar empat tahunan tersebut. Bahkan, kata Menpora, ia sengaja berjalan sendirian mengelilingi Kota Jayapura untuk meyakinkan soal kesiapan pelaksanaan PON XX terkait keamanan di ibu kota Provinsi Papua.

''Sekitar jam 5 pagi, saya jalan sendiri tanpa pengawalan. Begitu pun malamnya juga saya lakukan tanpa diketahui rekan rombongan,'' katanya.

Hal tersebut dilakukan, lanjut dia, untuk lebih memastikan bahwa Papua memang aman untuk menggelar perhelatan akbar PON 2020. ''Saya juga kan terima dari staf soal hal ini (keamanan), tetapi ada baiknya saya harus cek sendiri dan memang aman,'' katanya. ''Papua layak laksanakan PON.''

Sekda Provinsi Papua, TEA Heri Dosinaen, sebelumnya sudah menyampaikan soal keamanan ini. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab yang bertanggung jawab soal keamanan selama pelaksanaan PON, ujarnya, menjamin PON 2020 akan berjalan dengan aman dan lancar.

''Pangdam dan Kapolda sudah pastikan hal itu,'' kata Heri. ''Ditambah saat rapat di Istana, Ketua Harian PB PON Yunus Wonda katakan bahwa keamanan di Papua menjadi tanggung jawab dan harga diri orang Papua.''

''Jadi, mari kita buat mata dunia melihat pelaksanaan PON di Papua sehingga lahirlah atlet dunia. Mari kita sukseskan PON ini," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA