Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Menteri Keuangan Inggris Mengundurkan Diri

Jumat 14 Feb 2020 06:00 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Sajid Javid, Menteri Keuangan Inggris

Sajid Javid, Menteri Keuangan Inggris

Foto: news.sky.com
Menteri Keuangan Inggris mundur setelah berselisih dengan penasihat perdana menteri

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menteri Keuangan Inggris Sajid Javid mengundurkan diri pada Senin (10/2) lalu, di hari ketika Perdana Menteri Boris Johnson membongkar kabinet pemerintahannya.

Javid diperkirakan tetap menjabat di kabinet. Tapi pada Kamis (13/2) seorang juru bicara mengkonfirmasi Javid keluar dari pemerintahan.

Baca Juga

Pengunduran diri Javid itu menyusul laporan yang menyebut ia berselisih dengan penasihat utama perdana menteri yang berkuasa, Dominic Cummings. Javid dijadwalkan mengirimkan anggaran tahunan bulan depan.

Langkah Javid mengundurkan diri dinilai dapat mengguncang pemerintah. Sebab, saat ini Inggris juga sedang menghadapi tantangan untuk menegosiasikan kembali hubungan baru dengan 27 negara anggota Uni Eropa.

Johnson juga memiliki rencana infrastruktur yang ambius. Salah satunya, pembangunan kereta cepat yang senilai 100 miliar poundsterling.

Associated Press melaporkan Javid mengundurkan diri setelah memecat semua pembantunya dan mengganti mereka dengan staf yang ditunjuk kantor perdana menteri. Pada Kamis ini, Johnson memecat dan menunjuk menteri-menteri jabatan penting.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA