Rabu , 12 Feb 2020, 20:18 WIB

Dongkrak Pariwisata Karena Korona, Ini Langkah Menparekraf

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Hiru Muhammad
Republika TV/Havid Al Vizki
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama mengatakan, pemerintah akan mengupayakan langkah tertentu untuk mendongkrak pariwisata. Terutama semua hal yang terdampak karena antisipasi penyebaran virus korona baru dari Wuhan.

Wishnutama menuturkan semua akan dilakukan secara komperhensif agar bisa bertahan dalam menghadapai dampak dari virus Korona. “Ini bukan hanya maskapai tapi juga hotel dan lain sebagainya,” kata Wishnutama usai diskusi bersama dengan maskapai di Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (12/2).

Saat ini Kemenparekraf bersama Kementerian Perhubungan juga sudah mendengarkan masukan dari pihak maskapai mengenai dampak dari penutupan penerbangan dari dan ke Cina. Tak hanya itu, Wishnutama menuturkan pihaknya juga sudah mendengarkan masukan dari pihak lainnya seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)

Wishnutama menegaskan pemerintah telah melakukan segala upaya untuk mengatasi dampak secara keseluruhan dari sektor pariwisata. “Ini usaha kita untuk bagaimana dapat menghadapi atau melewati tantangan virus Korona ini. Tidak mudah tapi harus kita lakukan yang terbaik,” kata Wishnutama.

Saat ini pemerintah terkait juga masih terus memantau perkembangan dari dampak antisipasi virus Korona. Dia memastikan, pemerintah akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo insentif atau upaya untuk membuat industri pariwisata tetap dalam kondisi yang baik.

Saat ini akan dilakukan upaya untuk mengalihkan promosi pariwisata dari sebelumnya ke Cina. “Bisa ke Eropa, Amerika, Australia dan lain sebagainya, kita akan cari potensi lain,” tutur Wishnutama. 

 

Berita Terkait