Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Permintaan Alquran di Jabar Trennya Terus Meningkat

Rabu 12 Feb 2020 16:49 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Permintaan Alquran di Jabar trennya terus meningkat. Ilustrasi Alquran

Permintaan Alquran di Jabar trennya terus meningkat. Ilustrasi Alquran

Foto: Mgrol100
Permintaan Alquran mencapai 10 ribu eksemplar setiap bulannya khusus di Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Permintaan Alquran di Indonesia, khususnya di Jabar terus meningkat. Menurut Branch Manajer Jawa Barat Syaamil Quran, Syarif,  permintaan Alquran menunjukan tren peningkatan setiap tahunnya.

"Sebagai contoh, angka permintaan dari 2018 ke 2019 melonjak hingga 35 persen," ujar Syarif kepada wartawan, Rabu (12/2).

Menurut Syarif, kapasitas produksi Syaamil Quran sendiri berkisar 8.000 hingga 10 ribu eksemplar per hari. Saat ini pun, permintaan Alquran mencapai 10 ribu eksemplar setiap bulannya khusus di Jabar.

"Permintaan akan meningkat hingga 100 persen saat Ramadhan. Karena banyak yang ingin kembali mempelajari Alquran di bulan suci atau untuk wakaf saat kegiatan sosial," katanya.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, kata dia, Syaamil Quran melakukan kerja sama dengan Smartfren. Salah satunya, dengan memberikan diskon pembelian Alquran sebesar 30 persen bagi pelanggan operator seluler tersebut.

Menurut Project & Campaign Manager Syaamil Quran, Febriyanto Zubair, kerja sama dengan Smartfren pada tahap awal akan berlangsung selama enam bulan. Namun, berpotensi untuk diperpanjang dan semakin diperluas demi meningkatkan kepuasan pelanggan bagi kedua belah pihak.

"Melalui kerja sama ini, kami berharap terjadi peningkatkan permintaan sebanyak 5.000 Alquran," katanya.

Kerja sama business to business dengan Smartfren, kata dia, merupakan salah upaya pemasaran agar masyarakat mudah mendapatkan Alquran. Pihaknya juga mengoptimalkan pemasaran melalui toko buku, dan reseller.

Selain perusahaan, kata dia, pihaknya juga merangkul beragam komunitas, di antaranya komunitas pecinta motor dan bobotoh Persib Bandung. "Komunitas motor kami rangkul melalui kegiatan touring sambil membagikan Alquran di daerah pelosok," katanya.

Sementara menurut Manajer Regional Galeri Westjava PT Smartfren Telecom Tbk, Risky Farenda, kerja sama kedua belah pihak terbilang inovatif dan menjadi yang pertama di Indonesia. Pihaknya juga sengaja memilih Syaamil Quran karena punya pasar yang berbeda.

Selain itu, kata dia, kerja sama dengan Syaamil Quran juga punya nilai lebih karena bagian dari dakwah karena memudahkan masyarakat mendapatkan Alquran. Kerja sama antara Smartfren dengan Syaamil Quran diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap Alquran.

"Terlebih, saat ini kesadaran masyarakat untuk beribadah semakin meningkat," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA