Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Zidane Dianggap Sebagai Penyederhana Taktik di Madrid

Selasa 11 Feb 2020 14:59 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto

Mantan Direktur Olahraga Real Madrid, Jorge Valdano.

Mantan Direktur Olahraga Real Madrid, Jorge Valdano.

Foto: Reuters
Valdano memuji Zidane yang punya bakat alami dalam urusan sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Legenda Real Madrid, Jorge Valdano, memuji Zinedine Zidane selaku pelatih Madrid saat ini. Zidane disebut sebagai penyederhana taktik sepak bola.

Tercatat, Zidane memenangi trofi Liga Champions di masa pertamanya menangani Madrid untuk kemudian kembali lagi pada Maret lalu. Kembalinya Zidane membawa dampak positif bagi Madrid yang seolah memperbaiki kapal yang akan tenggelam. Sebab, kala itu Madrid sulit mencapai prestasi di berbagai kompetisi.

Baca Juga

Saat ini, Madrid sudah memperbaiki arah kapal hingga berada di jalur yang tepat. Meski tersingkir dari Copa del Rey, Los Blancos masih punya harapan di La Liga dan Liga Champions.

"Zidane adalah seorang yang bisa menyederhanakan semuanya, termasuk sepak bola. Dia percaya pada talenta pemain, dia tahu mana pemain yang bagus dan buruk," kata Valdano dilansir dari Marca pada Selasa (11/2).

photo
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu

Valdano menyanjung gaya permainan Madrid di bawah asuhan Zidane. Menurutnya, taktik Zidane cenderung mudah dimengerti dan dijalankan pemain. "Dia adalah orang yang tahu segalanya tapi menjaga esensi sepak bola tetap simpel. Dia juga tidak mudah frustrasi karena kalah," sanjung Valdano.

Valdano mengklaim Zidane punya bakat alami dalam urusan sepak bola. Sehingga ketika tak lagi merumput, jasa Zidane terbukti masih tokcer di balik layar. "Dia pelatih yang natural di dunia sepak bola," sebut pria berusia 64 tahun itu.

Selama berkarier di Madrid, Valdano dikenal sebagai The Philosopher of Football. Pria asal Argentina tersebut pernah menduduki berbagai posisi dari pemain, pelatih, direktur olahraga, dan pembantu presiden klub.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA