Saturday, 2 Jumadil Awwal 1444 / 26 November 2022

KKN Unissula Inisiasi Tertib Administrasi 2 Desa di Kendal

Rabu 05 Feb 2020 23:38 WIB

Rep: Bowo Pribadi / Red: Nashih Nashrullah

Inisiatif tertib administrasi bentuk kepedulian pentingnya dokumentasi.Foto ilustrasi dokumen KTP.

Inisiatif tertib administrasi bentuk kepedulian pentingnya dokumentasi.Foto ilustrasi dokumen KTP.

Foto: dok. Republika
Inisiatif tertib administrasi bentuk kepedulian pentingnya dokumentasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KENDAL—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) inisiasi tertib administrasi kependudukan kepada warga Desa Bulak dan Desa Tanjunganom, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal.

Bersama-sama dengan Pemerintah Desa dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, kegiatan KKN mahasiswa Unissula telah menggerakkan komponen warga untuk peduli akan pentingnya dokumen administrasi kependudukan.

Baca Juga

Khususnya kartu identitas anak (KIA) bagi anak-anak yang ada di dua desa tersebut. Hal itu ditandai dengan penyerahan KIA yang dilaksanakan di gedung serbaguna, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal (4/2) kemarin.

Rektor Unissula, Ir Prabowo Setiawan MT PhD, bersyukur dan mengapresiasi kegiatan KKN Mahasiswa Unissula di wilayah Kecamatan Rowosari ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, Program KKN Unissula dari kerjasama dengan Pemerintah melalui Pemdes dan Dispendukcapil ini berjalan baik,” ungkapnya, di Semarang, Rabu (5/2).

Apa yang didapatkan mahasiswa di bangku kuliah, jelasnya, bisa implementasikan dan diwujudkan dalam program nyata di tengah- tengah masyarakat. “Semoga program ini membawa manfaat yang berkesinambungan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal, Ir Bambang Dwiyono, juga mengapresiasi hasil nyata dari program KKN mahasiswa Unissula di wilayah Kecamatan Rowosari tersebut.

“Apa yang telah dilakukan Unissula saat ini merupakan hasil nyata dari Program KKN yang perdana di Kendal. Hal tersebut meninggalkan makna yang luar biasa bagi masyarakat,” ungkapnya.

Untuk selanjutnya, dia berharap bisa melanjutkan kerjasama dengan UNISSULA dan Pemdes untuk pendataan kependudukan secara lengkap. Karena pentingnya data administrasi kependudukan.

 “Saya berterimakasih kepada Unissula yang telah membantu kami beserta Pemdes Rowosari untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya dokumen kependudukan, khususnya KIA. Kami harap dengan kegiatan ini kesadaran masyarakat terus meningkat” Tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan kartu indentitas anak (KIA) secara simbolis sejumlah perwakilan siwa dari TK dan SD Desa Bulak dan Tanjunganom  dilakukan langsung oleh Kasatpel Dukcapil Kelurahan Tanjung Duren Selatan.

Camat Rowosari, Sugeng Riyadi SH  menyampaikan, program seperti ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Keberadaan program KKN sangat membantu pemerintah kecamatan selaku pelayan masyarakat untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Selain itu juga bersyukur bahwa keberadaan mahasiswa bisa menjadi contoh dan inspirator bagi anak-anak untuk menempuh pendidikan setinggi- tingginya. “Sehingga kelak bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk siapapun,” tambahnya.

Seperti diketahui, Desa Bulak dan Tanjunganom, Kecamatan  Rowosari  ini merupakan lokasi program KKN KKN ke XI Mahasiswa Unissula. KKN ini merupakan KKN XI selama 17 hari dari 21 Januari-6 Februari 2020. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA