Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

PMI Banjarnegara Sosialisasikan Pentingnya Mitigasi Bencana

Rabu 05 Feb 2020 22:56 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Pengunjung mengamati maket mitigasi bencana saat Pameran Earth Manual Project. PMI Banjarnegara terus menyosialisasikan mengenai pentingnya mitigasi bencana. Ilustrasi.

Pengunjung mengamati maket mitigasi bencana saat Pameran Earth Manual Project. PMI Banjarnegara terus menyosialisasikan mengenai pentingnya mitigasi bencana. Ilustrasi.

Foto: Republika/ Wihdan
PMI Banjarnegara terus menyosialisasikan mengenai pentingnya mitigasi bencana

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus menyosialisasikan mengenai pentingnya mitigasi bencana kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat. Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Setiawan mengatakan mitigasi atau pengurangan risiko bencana perlu diperkenalkan kepada masyarakat sejak dari usia dini.

"Kami terus berupaya mengingatkan masyarakat khususnya kepada generasi muda mengenai pentingnya mitigasi bencana," katanya di Banjarnegara, Rabu.

Menurutnya pemahaman dan pengetahuan tentang bencana alam perlu dikenalkan sedini mungkin agar anak-anak mengerti potensi bencana apa saja yang ada di sekitarnya. "Sehingga mereka tahu bagaimana langkah yang harus mereka perbuat di rumah atau di lingkungannya untuk mengurangi risiko bencana tersebut," jelas Setiawan.

Dengan demikian, diharapkan para generasi muda tersebut dapat menjadi agen perubahan di tengah lingkungan sekitarnya. Sebelumnya, akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Indra Permanajati, mengingatkan perlunya peran aktif masyarakat dalam mendukung program mitigasi bencana.

"Masyarakat harus berperan aktif atau menjadi subjek dalam upaya mitigasi dan juga penanggulangan bencana," katanya.

Indra yang merupakan Koordinator bidang Bencana Geologi Pusat Mitigasi Unsoed itu mengatakan pada masa mendatang kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam mitigasi bencana dan penangulangan bencana harus terus ditingkatkan. "Upaya untuk mendorong peran aktif masyarakat akan meningkatkan nilai kapasitas masyarakat dan selanjutnya akan bisa mengurangi risiko bencana," ujar Indra.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA