Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Emil Minta Hari Pers Nasional 2022 Digelar di Bandung

Rabu 05 Feb 2020 19:25 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Gubernur Jabar Ridwan Kamil, meminta pada 2022 mendatang HPN dapat digelar di Bandung, Jawa Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil, meminta pada 2022 mendatang HPN dapat digelar di Bandung, Jawa Barat.

Foto: Bayu Adji / Republika
Emil menyatakan bersedia untuk duduk sebagai Ketua Dewan Penasehat PWI Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menugaskan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar mendorong agar Bandung menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang. Permintaan ini ditegaskan Ridwan Kamil, saat menerima audiensi dengan pengurus PWI Jabar yang dipimpin Hilman Hidayat di Ruang Biru, Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (5/2).

“HPN 2022 kita ambil saja, kita Pemprov Jawa Barat akan full support. Peringatan HPN di sini harus lebih gebyar, karena biasanya penyelenggaraan apapun di Bandung bisa gebyar. Silahkan diproses saja,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil mengaku, jika tidak berhalangan akan berupaya untuk hadir dalam peringatan HPN 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Menurutnya setiap pekan dirinya selalu disibukan dengan agenda rapat bersama pemerintah pusat. “Kalau jadwalnya memungkinkan InsyaAllah hadir,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kang Emil pun menyatakan bersedia untuk duduk sebagai Ketua Dewan Penasehat PWI Jabar seperti yang diajukan oleh kepengurusan PWI Jabar. “Sebagai kedinasan tidak masalah saya menjadi Dewan Penasehat, silahkan saja diproses suratnya untuk diresmikan ke PWI Pusat,” katanya.

Emil juga meminta agar PWI Jabar kembali mempertahankan predikat juara umum dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) 2020 yang akan diselenggarakan di Malang, Jawa Timur. “Tahun 2019 seluruh event olah raga nasional kita juara satu, pelajar juara satu, santri juara satu, PNS juara satu, wartawannya juga harus juara satu,” papar Emil.

Emil pun, menitipkan harapan besar pada PWI agar bisa menjadi organisasi yang mampu merangkul profesi jurnalis. Menurutnya dengan adanya syarat kompetensi yang harus dimilki wartawan maka upaya Pemprov memerangi sisi gelap konvergensi media akan lebih optimal.

“Rangkul semua wartawan, saya berharap eksistensi PWI Jabar di bawah kepemimpinan Pak Hilman bisa mencetak sejarah,” katanya.

Sementara menurut Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat, dukungan luar biasa yang diberikan Gubernur Ridwan Kamil dan Pemprov Jabar sangat menggembirakan. Menurutnya gubernur menunjukan perhatian dan konsentrasi khusus pada roda organisasi dan keberadaan wartawan.

“Alhamdulillah seluruh masukan dari kami dikabulkan semua. Untuk HPN 2022 kami akan persiapkan dari sekarang, karena hampir setiap tahun Jawa Barat itu ditawari menjadi tuan rumah. Menyelenggarakan HPN itu punya dampak positif bagi perekonomian,” paparnya.

Hilman juga melaporkan pada gubernur bahwa HPN 2020 tingkat Jawa Barat akan dirangkaikan dengan sejumlah acara yang sudah dimulai penyelenggaraanya oleh sejumlah PWI Kabupaten/kota. “Ada bakti sosial, donor darah, seminar hingga jalan sehat,” katanya.

Ketua PWI pun mengaku siap memenuhi permintaan Gubernur Ridwan Kamil agar PWI menggelar acara penanaman akar wangi di lahan miring seperti yang diamanatkan oleh Presiden Jokowi sebagai bagian dari rangkaian HPN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA