Selasa 04 Feb 2020 17:11 WIB

Fatih Bilingual School Kembali Berikan Beasiswa Pendidikan

Beasiswa ini terbuka untuk seluruh pelajar yang berkewarganegaraan Indonesia.

Salah satu suasana pada kegiatan The International Cultural Festival yang digelar Sekolah Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School baru baru ini.
Foto: dokpri
Salah satu suasana pada kegiatan The International Cultural Festival yang digelar Sekolah Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School baru baru ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Fatih Bilingual School kembali memberikan beasiswa pendidikan kepada para siswa-siswi berprestasi di Indonesia. Pemberian beasiswa ini sudah menjadi program tahunan bagi Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School sejak didirikan pada tahun 2005 di Banda Aceh.

Fatih Scholarship Selection atau FAST merupakan beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi yang ada di Indonesia untuk mengecap pendidikan bertaraf internasional selama tiga tahun di sekolah Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

"Adapun tujuan dari beasiswa ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia serta sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat khususnya di provinsi Aceh dalam dunia pendidikan," ujar Kepala Sekolah SMP-SMA Fatih Bilingual School, Nur Wijayanto, dalam siaran persnya, Selasa (4/2).

Ia mengatakan, beasiswa ini terbuka untuk seluruh pelajar yang berkewarganegaraan Indonesia. Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswi SD kelas 6 sebagai calon penerima beasiswa SMP dan siswa-siswi SMP kelas 9 sebagai calon penerima beasiswa SMA. 

Ketua Panitia FAST 2020, Gulbuddin Hikmatyar, mengatakan terdapat enam kategori beasiswa pada program FAST yaitu akademik, tahfidz, leadership (kepemimpinan), seni, olahraga, dan bakat khusus. "Siswa yang menerima beasiswa jalur akademik diarahkan untuk dibina dalam tim olimpiade atau tim penelitian sekolah," katanya. 

Untuk kategori tahfiz dicari siswa yang mampu menghafal sebanyak mungkin bagian dari Alquran sampai dengan 30 juz. Beasiswa leadership khusus diberikan kepada calon siswa SMA yang berminat melanjutkan pendidikan tingginya di bidang pendidikan dan bersedia membina adik-adik kelasnya di asrama sekolah. 

Beasiswa seni diberikan dalam berbagai kategori seni yang sangat luas, meliputi: kemampuan olah vokal, bermain instrumen musik, melukis, seni kriya, dan lainnya. Juga sama seperti seni, olahraga juga meliputi bidang yang sangat, tetapi lebih diutamakan bidang-bidang olahraga yang diperlombakan dalam O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional).

"Untuk bakat khusus merupakan kategori yang tidak dibatasi. Para siswa yang merasa memiliki bakat khusus selain pada bidang-bidang yang disebutkan di atas juga disarankan untuk mendaftar," kata Gulbuddin.

Program ini akan digelar dalam dua tahap yakni babak penyisihan akan diselenggarakan secara online dan offline dimana akan terpilihnya siswa siswi terbaik untuk mengikuti babak final.  Babak final akan diselenggarakan di kampus Fatih Bilingual School untuk putra dan kampus Teuku Nyak Arif FBS untuk putri dengan sebutan FAST Camp selama tiga hari. Setelah dilakukan observasi dan evaluasi mulai dari babak penyisihan hingga final, maka siswa-siswi yang memenuhi kriteria akan mendapatkan tawaran beasiswa.

Pada tahun 2020 ini, pendaftaran untuk beasiswa ini telah dibuka sejak tanggal 1 Desember hingga 7 Februari mendatang (khusus bagi yang mengikuti penyisihan online). Adapun babak penyisihan akan dilakukan pada tanggal 8 Februari 2020 secara online dan dapat dilakukan secara offline di sekolah mitra FAST yang tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Aceh, sementara babak final akan dilakukan di pada tanggal 21-23 Februari 2020.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement