Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Mentan Sebut Kenaikan Harga Bawang Putih Masih Normal

Senin 03 Feb 2020 23:31 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolanda

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan langsung harga bahan pokok di Pasar Senen Blok III, Jakarta, pada Senin, (3/2).

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan langsung harga bahan pokok di Pasar Senen Blok III, Jakarta, pada Senin, (3/2).

Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Kementan memastikan pasokan bawang putih aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Pasar Senen, Jakarta, pada hari ini, (3/2). Keduanya memantau harga sejumlah komoditas pangan seperti cabai, bawang putih, daging ayam, dan beras.

Syahrul mengatakan, salah satu tujuan kunjungan tersebut yaitu membuktikan kabar mengenai tingginya kenaikan harga cabai dan bawang putih. “Hari ini kita lihat dan ternyata isu-isu, katakanlah terhadap kenaikan bawang putih dan cabai kami langsung check, atau penurunan telur dan lain-lain, ini terkait supply and chain dan pasok dan ketersediaan distribusi dan lain-lain,” katanya di sela kunjungan. 

Menurutnya, kenaikan harga berbagai bahan pangan tersebut masih normal. Artinya, kata dia, belum ada lonjakan yang mengejutkan.  Terkait komoditas bawang putih, ujar Syahrul, memang ada sedikit gejolak harga.

Baca Juga

"Karena kekhawatiran pedagang dan lain-lain, tapi dalam hitungan-hitungan dan maping yang kita laporkan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag), ini masih bisa disikapi," jelasnya. 

Ia menambahkan, pada akhir Februari, akan ada panen bawang putih di beberapa daerah. Sebelumnya, sudah dilakukan produksi bawang putih namun belum cukup memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 

"Oleh karena itu impor dilakukan. Hanya saja setelah panen nasional," ujar Syahrul. 

Agus menambahkan, pemerintah menghentikan sementara impor produk makanan dan minuman, termasuk bahan pangan dari China. Termasuk impor bawang putih.

"Berkaitan dengan bawang putih juga begitu. Impor bawang putih sekarang ini kita harus hati-hati," katanya pada kesempatan serupa. 

Langkah tersebut diambil, jelas dia, demi mencegah penyebaran virus corona di Tanah Air. Seperti diketahui, virus itu kini tengah menyerang beberapa kota di China.

Sebagai informasi, harga beberapa bahan pangan di Pasar Senen hari ini di antaranya bawang merah seharg Rp 35 ribu per kilogram (kg), bawang putih Rp 45 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 75 ribu per kg, serta cabai rawit merah Rp 85 ribu per kg. Berikutnya tomat Rp 15 ribu per kg dan kentang Rp 15 ribu per kg. 

Harga daging sapi lokal berkisar Rp 110 ribu sampai 115 ribu per kg, daging kerbau India Rp 90 ribu hingga 100 ribu per kg, dan daging ayam Rp 45 ribu per kg. Sedangkan beras premium Rp 12 ribu per kg serta telur ayam ras Rp 21 ribu per kg.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA