Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Rekor Baru Ansu Fati Saat Barcelona Bekap Levante 2-1

Senin 03 Feb 2020 08:25 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Selebrasi pemain belia BArcelona Ansu Fati usai menjebol gawang Levante di La Liga.

Selebrasi pemain belia BArcelona Ansu Fati usai menjebol gawang Levante di La Liga.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Ansu Fati menjadi pemain termuda yang mencetak dua gol di La Liga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ansu Fati menjadi pemain termuda yang mencetak dua gol di La Liga pada Senin (3/2) dini hari WIB. Dua gol Ansu tercipta memanfaatkan dua assist brilian Lionel Messi untuk memberi Barcelona kemenangan 2-1 atas Levante.

Saat mencetak dua gol di La Liga tersebut, Fati berusia 17 tahun dan 94 hari. Dia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Juanmi Jimenez, yang mencetak dua gol untuk Malaga saat melawan Real Zaragoza pada usia 17 tahun dan 115 hari pada 2010.

Baca Juga

Messi menjadi arsitek dua gol cepat Fati pada menit 30 dan 31 dengan operan yang membelah pertahanan membuat Barca unggul 2-0. Ruben Rochina mencetak gol hiburan bagi Levante di menit ke-92.

Kemenangan ini membuat Barcelona mengurangi selisih jarak dengan pemuncak  klasemen Real Madrid. Kini Messi dkk hanya terpaut tiga poin di belakang Real Madrid dan mulai mendapatkan kembali ritme di bawah pelatih baru Quique Setien setelah kemenangan 5-0 atas Leganes di Copa del Rey tengah pekan lalu.

"Kami bisa menang 8-2 atau 8-3," kata Setien.  "Kami kehilangan sedikit kontrol di babak kedua dan kebobolan terlalu banyak tetapi itu pekerjaan yang baik dari tim," ujarnya dikutip dari Reuters, Senin (3/2)

Tapi Levante seharusnya juga bisa mengonversi lebih banyak peluang bagus pada babak kedua. Barcelona masih menunjukkan masalah di lini pertahanan yang masih terlihat rapuh.

Setien, yang menggantikan Ernesto Valverde sebagai pelatih baru bulan lalu, menemukan metodenya dengan memberikan bukti ketika melawan Levante. Ini menunjukkan bahwa ia mungkin telah memutuskan untuk memperkenalkan gayanya bermain secara lebih bertahap.

Fati telah menjadi salah satu pemain yang menerima manfaat utama dari kedatangan Setien. Dia sempat dipercaya pada awal musim tetapi semakin jarang dimainkan oleh Valverde, yang mungkin tidak mau membebani remaja dengan terlalu cepat.

Sebaliknya, Setien telah memainkan Fati dalam semua lima pertandingannya yang bertanggung jawab sejauh ini dan ini adalah pertama kalinya keyakinannya benar-benar terbukti.

"Dia adalah anak laki-laki yang muncul dan memiliki potensi besar," kata Setien.  "Hari ini dia memiliki hari bersejarah untuk gol-golnya dan untuk membantu tim."

Aksi luar biasa Messi sendiri juga berlanjut.  Dia sekarang memiliki sembilan gol dan empat assist dalam 10 pertandingan liga terakhirnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA