Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Kebiasaan Buruk yang Mempengaruhi Kesehatan Gigi

Sabtu 01 Feb 2020 21:00 WIB

Red: Joko Sadewo

Kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan gigi dan mulut.

Foto: Pxfuel
Ada sejumlah hal yang tanpa disadari mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh  Drg. Irayani Queencyputri*

Tanpa disadari kadang kita mempunyai kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, secara umum maupun spesifik. Bahkan banyak orang yang tidak tahu bahwa kebiasaan yang dilakukan selama ini adalah kebiasaan buruk, perlu diperbaiki dan dihilangkan. Menghilangkan kebiasaan buruk bukanlah hal yang mudah, tapi dapat dilakukan bila diniatkan dan punya kemauan ke arah yang lebih baik. Ada sejumlah hal-hal buruk, yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut tersebut. Di antaranya adalah:

·  Merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang paling buruk dan bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang, baik terhadap kesehatan gigi maupun rongga mulut. Merokok juga dapat menyebabkan stain pada gigi dan bau mulut. Efek jangka panjangnya, merokok dapat meningkatkan penyakit gusi serta memperlambat proses penyembuhannya.

·  Bruxism
Bruxism merupakan kebiasaan menggesek-gesekkan gigi antara gigi-geligi rahang atas dan rahang bawah. Biasanya hal ini terjadi dalam keadaan tidak sadar ketika sedang stres. Beberapa orang juga mengalaminya di saat tidur. Kebiasaan ini dapat membuat enamel permukaan gigi menjadi tipis, bahkan menimbulkan keretakan pada struktur gigi, serta merusak tambalan.

· Mengunyah makanan pada satu sisi
Beberapa orang mempunyai kebiasaan mengunyah makanan pada salah satu sisi saja, mungkin hanya di sisi kanan atau hanya di sisi kiri saja. Kebiasaan ini umumnya disebabkan karena ada salah satu gigi di sisi tersebut terasa sakit atau lubang. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya masalah serius atau kelainan pada sendi rahang.

· Menggigit benda keras
Kebiasaan ini biasanya merupakan penyaluran dari stress atau banyak pikiran. “Korban” gigitan biasanya pensil, pulpen, kuku, remote TV, atau benda-benda keras lainnya. hal ini dapat membuat permukaan gigi menjadi terkikis, bahkan keretakan pada struktur gigi.

· Menjadikan gigi sebagai gunting atau pembuka botol
Mungkin pernah lihat iklan pasta gigi di layar TV yang memperlihatkan orang-orang yang menggunakan gigi untuk membuka tutup botol, menyobek kemasan makanan, memotong label baju baru. Tugas berat ini tidak pantas ditanggung oleh gigi-geligi, sebab akan merusak struktur gigi juga.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita bila tidak diperhatikan. Mulai belajar untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut bila ingin gigi kita sehat dan kuat hingga tua.



*) Drg. Irayani Queencyputri adalah bagian dari tim handal HHDC Clinic.  Dokter gigi yang biasa disapa Rara ini pembawaan dirinya ramah dan enerjik, yang membuatnya selalu aktif dalam aktivitas yang bermanfaat. Dalam praktiknya sehari-hari, ia melakukan semua tindakan konvesional secara profesional, khususnya bidang bedah mulut, termasuk dental implant, odontectomy, serta perawatan-perawatan gigi lainnya

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA