Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Bandara Sentani akan Dipasang Thermal Scanner

Sabtu 01 Feb 2020 19:34 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Penumpang turun dari pesawat perintis di Bandara Sentani, Jayapura, Papua (ilustrasi)

Penumpang turun dari pesawat perintis di Bandara Sentani, Jayapura, Papua (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pemasangan Thermal Scanner untuk mengantisipasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harold Pical mengakui untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, dalam waktu dekat akan dipasang thermal scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia di ruang kedatangan Bandara Sentani. Alatnya masih dalam perjalanan dari Jakarta.

Setibanya di Jayapura alat itu akan langsung dipasang di bandara. "Sambil menunggu tiba dan dipasangnya alat tersebut petugas KKP melakukan pendeteksian dengan menggunakan thermometer infrared," kata Pical di Jayapura, Sabtu (1/2).

Menurutnya, selain akan memasang thermal scanner, pihaknya juga akan meminta ruang khusus ke pihak bandara sehingga selain dipasang thermal scanner juga ada ruangan khusus yang bertekanan negatif.

Baca Juga

Ruangan itu untuk merawat penumpang yang tersuspect virus sebelum dibawa ke rumah sakit yang ditunjuk yakni RSUD Dok 2 Jayapura. "Bandara Sentani sendiri hingga kini hanya melayani penerbangan dalam negeri," ujar Pical seraya menambahkan.

Alat serupa sudah dipasang di kedatangan PLBN Skouw. sehingga WNA maupun WNI yang dari Papua Nuginiharus melintasi alat tersebut. "KKP Jayapura membawahi lima pelabuhan yakni Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Sarmi, Bandara Sentani, Bandara Wamena dan PLBN Skouw," kata Pical.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA