Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Tiga Tips Dimas Seto dalam Menjaga Kesehatan Gigi

Sabtu 01 Feb 2020 06:40 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Dimas Seto

Aktor Dimas Seto

Foto: Adysha Citra R/Republika
Dimas Seto mengaku hampir tak pernah mengalami masalah gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor sekaligus pebisnis Dimas Seto tumbuh dalam lingkungan keluarga yang menaruh perhatian besar terhadap kebersihan dan kesehatan gigi. Kebiasaan merawat rongga mulut yang ditanamkan sejak dini ini membuat Dimas hampir tidak pernah mengalami masalah dengan giginya.

Sejak masa kanak-kanak, Dimas mengatakan, kedua orang tuanya telah menanamkan kebiasaan untuk merawat kebersihan dan kesehatan gigi. Manfaat dari kebiasaan baik yang ditanamkan sejak dini ini bisa dirasakan Dimas hingga sekarang.

Di usianya yang ke-40 tahun, gigi Dimas masih dalam keadaan baik dan hampir tidak pernah bermasalah.

"Kalau ditanya sakit gigi seperti apa, mudah-mudahan jangan sampai merasakan," terang Dimas setelah menghadiri peluncuran Pepsodent Siwak bersama PT Unilever Indonesia Tbk, di Jakarta, Jumat (31/1).

Setidaknya, ada tiga kebiasaan baik yang kerap dilakukan Dimas untuk menjaga kebersihan dan kesehatan giginya. Berikut ini adalah ketiga kebiasaan tersebut:

Menjaga makan
Salah satu kebiasaan baik untuk yang Dimas terapkan adalah menghindari makanan-makanan yang mungkin bisa memicu kerusakan gigi. Beberapa contohnya adalah makanan yang terlalu panas dan makanan yang terlalu manis.

Kedua jenis makanan ini tentu tidak bisa benar-benar dihindari. Terkadang, Dimas pun masih mengonsumsi makanan-makanan yang panas atau manis. Akan tetapi, Dimas sebisa mungkin menjaga agar makanan panas atau manis yang dia konsumsi masih dalam batas wajar dan secukupnya.

Rajin menyikat gigi
Kebiasaan baik lain yang selalu Dimas lakukan rajin menyikat gigi. Dimas memang tidak menggunakan siwak untuk menyikat gigi seperti sunnah Rasulullah SAW karena siwak bukan sesuatu yang familier di Indonesia.

Namun, sebisa mungkin Dimas memilih produk pasta gigi yang bisa membantunya membersihkan gigi sekaligus menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Di samping itu, Dimas juga melihat ada banyak manfaat yang bisa diberikan siwak untuk kebersihkan dan kesehatan gigi.

Dimas menjelaskan, siwak secara ilmiah terbukti dapat menghambat serta matikan pertumbuhan bakteri. Siwak juga terbukti secara ilmiah dapat menguatkan permukaan email gigi sehingga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang.

"(Pasta gigi ini) memberikan solusi untuk kebutuhan kita yang ingin menjalankan sesuai sunnah," tutur Dimas.

Membersihkan karang gigi
Suami dari aktris Dhini Aminarti ini  bukan perokok dan tidak begitu menyukai kopi. Akan tetapi, Dimas mengaku senang meminum teh.

Kebiasaan meminum teh ini dirasakan Dimas turut berpengaruh pada pembentukan karang gigi. Oleh karena itu, Dimas secara berkala melakukan perawatan gigi untuk membersihkan karang-karang gigi yang mungkin ada pada giginya.

"Rutin untuk membersihkan gigi, rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi, seperti itu," ujar Dimas.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA