Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Pemkot Bogor akan Pindahkan Dua Kantor Dinas dari Balai Kota

Jumat 31 Jan 2020 21:16 WIB

Rep: Nugroho Habibie/ Red: Dwi Murdaningsih

Balai Kota Bogor.

Balai Kota Bogor.

Foto: twicsy.com
Pemindahan dua dinas tersebut untuk mengurangi beban aktivitas di Balai Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Bogor) akan memindahkan dua kantor organisasi perangkat daerah (OPD) atau dinas dari Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah. Dua kantor itu, yakni Badan Pengelolaaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostandi).

"Rencananya tahun ini, jangka pendek ada dua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang akan pindah kantor," ucap Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekertariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Yadi Cahyadi saat berbincang dengan Republika.co.id, Jumat (31/1).

Baca Juga

Yadi menjelaskan pemindahan dua dinas tersebut untuk mengurangi beban aktivitas di Balai Kota Bogor. Sebab, kondisi Balai Kota Bogor yang sangat padat aktivitas dinilai terlalu sempit dengan luas yang hanya diperkirakan 2, 673 meter persegi itu.

Saat ini, Yadi menjelaskan terdapat lima OPD yang berada di area Balai Kota Bogor, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP),  Setda, BPKAD dan Dinas Kominfostandi. Termasuk kantor Wali dan Wakil Wali Kota Bogor.

"Ketika balai kota banyak sekali kegiatan terutama, apabila ada kegiatan besar yang dikeluhan memang tempat parkir baik roda empat dan dua," katanya.

Yadi menuturkan, BPKAD akan dipindahkan ke gedung Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor yang berada di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal. BPKAD direncanakan akan menempati dua lantai di gedung setinggi empat lantai tersebut.

Sedangkan untuk pemindahan Kantor Dinas Kominfostandi, sambung Yadi, akan memiliki dua opsi nantinya. Pertama, Kantor Dinas Kominfostandi digeser ke BPKAD yang berada di samping Gedung Setda.

Opsi kedua, Kantor Kominfostandi dipindahkan ke gedung lama milik Pemkot Bogor yang berada di samping Freshmart, Jalan Padjadjaran, Kota Bogor. Namun, gedung tersebut masih memerlukan renovasi.

"Tapi itu masih dalam pembahasan," katanya.

Jika skema tersebut dilakukan, Yadi menjelaskan, gedung Kemuning Gading yang sebelumnya ditempati Kominfostandi akan dikosongkan. Sehingga, Gedung Kemuning Gading yang memiliki lantai dua itu akan direnovasi.

"Kemuning (Gading) ini ingin direnovasi dibuat gedung serbaguna yang layak. Kalo sekarang kelihatan kurang terpelihara," katanya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA