Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Panglima TNI Minta Prajuritnya Siaga Antisipasi Bencana Alam

Rabu 29 Jan 2020 23:38 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nashih Nashrullah

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin Rapat Pimpinan TNI 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/1/2020).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin Rapat Pimpinan TNI 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/1/2020).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Panglima TNI meminta kesiapan anggota TNI hadapi bencana alam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan TNI telah menyiapkan langkah antisipasi jika bencana alam terjadi. 

Dia meminta para prajuritnya untuk terus siaga untuk melakukan pengantisipasian tersebut.  “Kita juga harus selalu memonitor, memantau, dan selalu menjaga kesiapsiagaan satuan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam yang suatu waktu bisa terjadi,” ujar Hadi dalam amanatnya pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2020 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/1).

Baca Juga

 Hadi mengatakan, langkah-langkah antisipasi jika terjadi hujan lebat, banjir, tanah longsor maupun kemarau panjang telah disiapkan. Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) TNI juga diperkuat untuk melaksanakan langkah antisipasi tersebut.

“Kita perkuat PRCPB yang mampu melaksanakan tugas di dua trouble spot sesuai dengan ketentuan alutsista yang kita miliki bekerja sama dengan BNPB,” tutur dia. 

Sebelumnya, Hadi mengatakan tantangan tugas pada 2020 cukup berat. Karena itu, dia menegaskan, sinergitas dan soliditas TNI-Polri merupakan harga mati. 

“Pada tahun ini kita dihadapkan pada tantangan tugas pengamanan Pilkada serentak dan PON XX di Papua, termasuk manajemen disaster akibat hujan juga antisipasi musim kemarau berkepanjangan," ujar Hadi saat membuka Rapim TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1).  

Selain itu, TNI-Polri juga bertugas menjaga sumber daya alam dari eksploitasi ilegal. Karena itu, maka soliditas dan sinergitas TNI-Polri merupakan harga mati dan kunci untuk sukses.

 Panglima TNI juga mengingatkan agar prajurit TNI dan insan Bhayangkara harus selalu siap menghadapi perubahan dan dampaknya di tengah persaingan global saat ini. “Presiden Jokowi sudah mengingatkan kita, di tengah persaingan global, siapa yang cepat membaca peluang, pasti bisa maju," jelas Hadi.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA