Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Stadion Pakansari akan Berbenah Sambut Piala Dunia U-20

Jumat 24 Jan 2020 15:27 WIB

Red: Agung Sasongko

Sejumlah pesepak bola timnas U-19 Indonesia berlatih di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Sejumlah pesepak bola timnas U-19 Indonesia berlatih di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Stadion Pakansari Cibinong menjadi salah satu stadion yang ditunjuk FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi mengumumkan Stadion Pakansari Cibinong merupakan satu dari enam stadion yang dipilih FIFA sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2021. Dan, Stadion Pakansari langsung berbenah menyambut kabar baik tersebut.

Sebanyak enam stadion di pulau Jawa dan Bali akan menjadi arena kejuaraan sepakbola muda terbesar sejagad itu. FIFA menyetujui pengajuan arena yang diusulkan panitia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krita (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Penyelenggara pun dinyatakan wajib menyiapkan setidaknya lima lapangan latihan yang memadai di sekitar stadion. FIFA menetapkan syarat minimal 10 ribu penonton di setiap pertandingan mulai dari babak penyisihan. 

Baca Juga

''Stadion besar seperti GBK harus diatur agar tidak terlihat sepi jika penonton hanya mencapai 10 ribu,'' kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (23/1).

Pakansari Berbenah
Stadion Pakansari Cibinong langsung berbenah setelah dipilih menjadi salah satu stadion yang direstui FIFA untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20. ''Kita akan menyiapkan karpet merah. Artinya menyiapkan infrastruktur secara maksimal dan mudah-mudahan yang bertanding di sini laga-laga besar,'' kata Ade Yasin di Bogor, Jumat (24/1).

Ade Yasin menyebutkan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyiapkan anggaran Rp 3 miliar lebih untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar tol Sentul hingga kawasan Stadion Pakansari. ''Anggarannya tersebar di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki,'' ucapnya.

Ia berharap penataan stadion dan aksesnya rampung pada tahun ini. Sehingga, pada tahun 2021, venue penyelenggaraan pertandingan sudah siap.

"Jadi, kita persiapan stadion dan infrastruktur pendukungnya. Banyak yang harus dibenahi termasuk harus melengkapi fasilitas disabilitas,'' tutur politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Ia optimistis penetapan Stadion Pakansari sebagai venue Piala Dunia U-20 dapat mendongkrak angka kunjungan wisata Kabupaten Bogor. Dan, itu menjadi salah satu target Pemkab Bogor, sesuai tagline-nya "The City of Sport and Torism".

"Bogor akan lebih mendunia, sehingga sarana dan prasarana kawasan Pakansari harus dipercantik. Kita akan fokus pada penataan infrastruktur dan penyiapan sarana pendukung lainnya," tuturnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA