Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Manchester United ‘Beracun’, Sudah 4 Korbannya

Jumat 24 Jan 2020 05:11 WIB

Red: Didi Purwadi

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer

Foto: EPA-EFE/Srdjan Suki
Posisi manager Manchester United sejauh ini telah memakan 4 korbannya.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kekalahan memalukan 0-2 dari Burnley di Old Trafford pekan lalu semakin mengencangkan desakan Ole Gunnar Solskjaer mundur dari kursi pelatih Manchester United. Si Wajah Imut mencatatkan rekor buruk sebagai manager Setan Merah.

Bersama pelatih asal Norwegia tersebut, MU mencatatkan start musim terburuk sepanjang 20 tahun terakhir. Sejak diangkat permanen pada akhir Maret tahun lalu, Solskjaer hanya mampu memberikan 11 kemenangan, 9 seri dan 12 kalah di kancah Liga Primer. Persentase kemenangannya hanya 34 persen.

MU sementara menempati posisi kelima dengan terpaut 6 poin dari Chelsea yang menduduki posisi keempat klasemen Liga Inggris. The Red Devils tertinggal jauh 30 poin dari Liverpool yang memuncaki klasemen Liga Primer. Tapi, United masih berpotensi terdegradasi karena hanya terpaut 11 poin dari Bournemouth di posisi ke-18 klasemen.

Meski demikian, Sky Sports melaporkan jajaran direksi berkeras tidak akan memenuhi desakan mundur dari suporter. Solskjaer tetap akan dipertahankan sebagai pelatih Manchester United.

Tapi, seperti dikutip dari Givemesport, ‘racun' kursi manager MU kini sudah menggerogoti Solskjaer yang terlihat kusut saat menggelar jumpa pers usai timnya dipermalukan Burnley. Senyum dari wajah imutnya kini hanya tinggal cerita.

Ini wajah Solskjaer saat memulai tugasnya sebagai manager Manchester United.

photo
Ole Gunnar Solskjaer (Givemesport)

Dan, lihat kondisinya sekarang..

photo
Ole Gunnar Solskjaer (Givemesport)

Pemilik akun twitter @GerryC76 menyebut Solskjaer terlihat lebih tua 20 tahun sejak menangani MU sekitar 16 bulan lalu. Sementara, @CreatingGodfred menyarankan Solskjaer lebih baik mundur demi kesehatannya. Karena, stres telah membuat wajah Solskjaer terlihat lebih tua 25 tahun.

Kursi pelatih MU sangat ‘beracun’ sehingga Solskjaer yang memiliki wajah baby face pun menjadi terlihat lebih tua. Solskjaer akan merayakan ulang tahunnya ke-47 pada Februari mendatang.

Solskjaer bukan satu-satunya 'korban' yang menjadi terlihat tua karena berani mengambil kursi pelatih MU. Ada juga David Moyes, Louis van Gaal dan Jose Mourinho yang menjadi terlihat lebih tua 15 tahun karena ‘racun’ kursi manager Setan Merah.

Ini foto Moyes di hari pertama sebagai manager Manchester United. Wajahnya terlihat bersinar..

photo
David Moyes (Givemesport)

Dan, ini wajah sedihnya setelah sembilan bulan menangani MU.

photo
@therealthandoe (Givemesport)

Van Gaal berusia 62 tahun ketika menangani MU pada Mei 2014. Tapi, pelatih Belanda itu terlihat lebih tua sekitar 64 tahun ketika dipecat dari kursi pelatih MU.
Ini wajahnya ketika mengambil posisi manager Manchester United.

photo
Louis van Gaal (Givemesport)

Dan, berikut kondisinya beberapa tahun kemudian..

photo
Louis van Gaal (Givemesport)

Penggantinya, Jose Mourinho, terlihat sumringah dan siap mencengkeramkan dominasinya saat datang ke Old Trafford pada musim panas 2016.

photo
Jose Mourinho (Givemesport)

Tapi, kurang dari tiga tahun, tekanan sebagai pelatih MU benar-benar berdampak pada pelatih Portugal tersebut.

photo
Jose Mourinho (Givemesport)

@Demurleigh menyebut tidak ada tekanan kerja selain posisi manajer MU yang membuat Mourinho menjadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. ‘’Saya awalnya mengira Real Madrid yang akan membuat Mourinho terlihat menjadi lebih tua. Tapi, ternyata United,’’ sebut @Demurleigh. ‘’Mourinho terlihat seperti singa yang dirampas harga dirinya.’’

Posisi manager sekarang menjadi pekerjaan yang paling 'menakutkan' dan paling tinggi tingkat setresnya di dunia sepak bola. Dan, posisi manager Manchester United sejauh ini telah memakan empat korbannya.

Karena itu, siapa pun perlu mendengar nasehat Mauricio Pochettino. ‘’Jika Anda ingin terlihat awet muda, maka jangan jadi manager Manchester United,’’ ujar mantan manager Tottenham Hotspur tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA