Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Tiga Roket Hantam Zona Kedutaan dan Pemerintahan Irak

Selasa 21 Jan 2020 17:59 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

Tangkapan layar stasiun TV resmi Iran menayangkan peluncuran roket

Tangkapan layar stasiun TV resmi Iran menayangkan peluncuran roket

Foto: IRIB (IRAN STATE TV)
Tiga roket diluncurkan dari distrik Zafaraniyah, di luar Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Tiga roket Katyusha jatuh pada Selasa (21/1) di dalam Zona Hijau, Baghdad. Zona Hijau merupakan wilayah pemerintahan dan kedutaan asing.

Sumber kepolisian Irak mengatakan kepada Reuters, tiga roket diluncurkan dari distrik Zafaraniyah di luar Baghdad. Sumber itu menambahkan, dua roket mendarat di dekat kedutaan besar Amerika Serikat (AS).

Ketegangan di Irak mulai meningkat sejak AS membunuh komandan militer Iran Qassem Soleimani di Baghdad pada 3 Januari lalu. AS menuding kelompok militer yang didukung Iran atas serangkaian serangan dalam beberapa bulan terakhir di Zona Hijau. Namun, hingga kini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Baca Juga

Pembunuhan Soleimani dan serangan roket Iran memicu aksi demonstrasi anti pemerntah di Irak. Lima pengunjuk rasa meninggal dunia pada Senin di tiga kota di Irak. Para demonstran meningkatkan tekanan kepada pemerintah untuk melaksanakan reformasi.

Utusan PBB untuk Irak, Jeanine Hennis-Plasschaert mendesak para elite politik Irak untuk mendorong reformasi dan mengupayakan agar aksi protes tetap berjalan dengan damai. Dia menegaskan agar kekerasan terhadap pengunjuk rasa harus dihindari.

"Penindasan kekerasan terhadap pengunjuk rasa tidak dapat ditoleransi dan harus dihindari dengan cara apa pun" ujarnya. 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA