Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Indonesia Patriots tidak Puas Offense Lawan Amartha Hangtuah

Jumat 17 Jan 2020 21:45 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Pebasket Amartha Hangtuah Selvy Rondonuwu (kanan) berusaha merebut bola dari pebasket Indonesia Patriots Hardianus Lakudu (kiri) saat pertandingan kedua seri kedua IBL Pertamax 2020 di GOR Ctra, Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/1/2020).

Pebasket Amartha Hangtuah Selvy Rondonuwu (kanan) berusaha merebut bola dari pebasket Indonesia Patriots Hardianus Lakudu (kiri) saat pertandingan kedua seri kedua IBL Pertamax 2020 di GOR Ctra, Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/1/2020).

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Indonesia Patriots mengalahkan Amartha Hangtuah 85-65 dalam laga Seri II IBL.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Indonesia Patriots mengalahkan Amartha Hangtuah 85-65 dalam laga Seri II IBL Pertamax 2020 yang berlangsung di GOR C'Tra Arena, Bandung, Jumat (17/1). Namun pelatih kepala Indonesia Patriots Rajko Toroman, belum puas terutama dalam serangan.

“Kami memainkan defense dengan bagus, tetapi masih bermasalah dengan offense,” kata Toroman. 

Memberi kesempatan bermain pada para pemain Patriots juga menjadi tujuan Toro dalam kompetisi IBL. Sebab, para pemain Patriots yang notabene skuat timnas basket putra Indonesia butuh suasana pertandingan sebelum berlaga di kualifikasi FIBA Asia. 

Baca Juga

“Babak kedua kami nyaris tidak memainkan Lester Proper, memberi kesempatan kepada pemain lain dan ternyata mereka bisa,” ujarnya.

Selain offense, Patriots masih bermasalah dengan turn over. Toro juga mengakui 21 kesalahan yang membuat timnya kehilangan penguasaan bola terlalu banyak. 

“Beberapa memang karena bola licin, mungkin ada lima kali, tetapi memang masih terlalu banyak turn over dilakukan,” kata dia.

Pelatih Amartha Hangtuah, Harry Prayogo mengakui pasukannya hanya bisa mengimbangi Patriots pada babak pertama. “Anak-anak juga terlalu banyak melakukan turn over yang menghasilkan 24 poin bagi lawan. Second chance kami juga kurang bagus,” kata Ai, sapaan karibnya.

Para pemain muda Hangtuah disebutnya belum siap untuk tampil sebagai pengganti di lapangan. “Mereka yang biasa jadi starter, ketika duduk di bench tak siap saat tiba harus bermain. Mereka harusnya sadar yang terpenting adalah memberi kontribusi pada tim, tak peduli berapa menit dimainkan,” kata dia,

Patriots turun dengan starter Kaleb Ramot Gemilang, Andakara Prastawa Dhyaksa, Kevin Yonas Sitorus,  Mei Joni dan Lester Prosper. Hangtuah tampil dengan Daenell Aaron Martin, Sevly Rondonuwu, Kelly Purwanto, Laqavious Cotton dan Aditya Lumanauw.

Kuarter pertama Patriots unggul 18-14. Tembakan tiga angka Darnell menutup kuarter kedua 34-26 masih untuk keuntungan Patriots. Kuarter ketiga Patriots melebarkan jarak 61-42 dan akhirnya menutup laga 86-65.

Lester dan Arki mencetak 12 angka. Kaleb, Abraham, dan Brandon masing masing menyumbang 11 poin, sementara Prastawa mencetak 10 angka.

Di kubu Hangtuah, Darnell mengemas 18 angka, Charles 13 poin, Cotton menyumbang 12 poin dan Sevly mencetak 11 angka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA