Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Diduga Kerusakan Mesin, Lift di Pasar Tanah Abang Tersangkut

Kamis 16 Jan 2020 21:41 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah

Warga melintas di samping lift sebuah lift (ilustrasi)

Warga melintas di samping lift sebuah lift (ilustrasi)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ada 10 orang yang ada di dalam lift saat kerusakan mesin itu terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu lift di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat tersangkut, Kamis (16/1) pagi. Diduga hal itu disebabkan karena adanya kerusakan mesin.

"Iya. Ini dugaan sementara (penyebab lift tersangkut, Red) memang dari mesinnya. Ada besi yang bengkok kata teknisinya," kata Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang Kompol Supriadi saat dihubungi, Kamis (16/1) malam.

Baca Juga

Supriadi mengungkapkan, perisitiwa itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat itu, terdapat 10 orang di dalam lift tersebut. Ia pun membantah bahwa lift itu terjatuh.

"Bukan, bukan jatuh. Jadi lift itu kalau jatuh kan ke bawah. Ini liftnya itu dari lantai dua mau naik ke lantai tiga. Baru setengah lantai, kurang lebih satu meter, (lift) itu macet," ungkap Supriadi.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan teknisi, lift itu mampu mengangkut beban maksimal hingga 1.500 kilogram. Ia menuturkan, tidak terjadi kelebihan muatan saat 10 orang itu berada di dalam lift. Kalau maksimal (lift) itu 1.500 kilogram, bebannya hanya 10 orang berarti kan masih enteng gitu," imbuhnya.

Supriadi menegaskan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Semua orang yang berada di dalam lift berhasil diselamatkan dengan cara manual. Namun, beberapa orang yang sebagian besar adalah perempuan sempat mengalami syok akibat insiden itu. "Teknisi masuk ke atas kotak itu langsung dibuka, langsung dikeluarin," jelasnya.

Hingga saat ini, sambung Supriadi, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab macetnya lift tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA