Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Panglima-Kapolri Tekankan Sinergitias Antarprajurit

Kamis 16 Jan 2020 16:40 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah)

Foto: Antara/Iwan Adisaputra
Pentingnya sinergitas itu disampaikannya di hadapan prajurit TNI/Polri di Morotai.

REPUBLIKA.CO.ID, MOROTAI -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menekankan pentingnya sinergitas antara prajurit TNI dan Polri dalam menciptakan stabilitas keamanan nasional. Hal itu disampaikan dalam arahan keduanya pada kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Morotai, Maluku Utara, Kamis (16/1).

"Kita dididik untuk menjadi prajurit TNI dan Polri yang setia, maka kita harus merealisasikan janji kita, setia. Satu-satunya adalah mensinergikan TNI dan Polri menjadi satu kekuatan untuk menciptakan stabilitas keamanan nasional," ujar Panglima Hadi dalam arahannya di GOR Poltak Simanjuntak Lanud Leo Wattimena.

Baca Juga

Panglima kemudian meminta kepada 444 prajurit gabungan TNI-Polri yang hadir untuk memaknai sebuah saduran kalimat milik tokoh kemanusiaan Bunda Teresa, yang pernah diberikan Kapolri Idham kepada dirinya. Saduran tersebut berisi motivasi agar para prajurit tetap berpegang teguh terhadap pedoman sumpah setia kepada bangsa dan negara.

"Pak Idham beri saya satu saduran dari Bunda Teresa, dikirim ke saya, lalu saya baca yang artinya sangat mendalam apabila kita maknai dalam diri kita. Tulisannya kira-kira adalah kita dipanggil bukan untuk kesuksesan, untuk berhasil, tapi kita dipanggil hanya untuk setia, hanya untuk loyal," tutur Panglima Hadi.

"TNI dan Polri pertama doktrinnya adalah setia. Tribata, Saptamarga adalah nilai-nilai yang harus kita aplikasikan, kesetiaan kepada NKRI. Bentuknya adalah kita bisa menciptakan stabilitas keamanan nasional," tambah dia.

Hadi pun mengapresiasi sinergitas yang terjalin antara TNI dan Polri sepanjang tahun 2019. Di antaranya pengamanan pemilihan umum (pemilu) legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Sinergitas yang terjadi antara dua institusi, kata Hadi, membuat gelaran akbar lima tahunan itu berlangsung aman, damai dan kondusif di seluruh daerah di Tanah Air. "Itu adalah kerja keras kita, dan kita tunjukkan kesetiaan kita ke NKRI tegak lurus. Kekuatan besar bersenjata bila menjadi satu menciptakan stabilitas keamanan dan dirasakan oleh seluruh rakyat. Rakyat bangga, rakyat senang ketika TNI-Polri bisa bersinergi menjadi satu," ucap Hadi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA