Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Bangun Ibu Kota, Jokowi Ingin Belajar dari Kota Masdar UEA

Senin 13 Jan 2020 16:28 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (12/1/2020).

Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum bertolak ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Ahad (12/1/2020).

Foto: Antara/HO/Laily Rachev
Presiden Jokowi memaparkan rencana pembangunan ibu kota baru di forum dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Presiden Joko Widodo menyatakan keinginannya untuk belajar dari tuan rumah Abu Dhabi Sustainalibility Week (ADSW) 2020 yakni Kota Masdar di Abu Dhabi, UEA. Presiden ingin belajar dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

“Dalam membangun ibu kota baru, kami cenderung ingin belajar dari perintis perencanaan kota termasuk tuan rumah kita pekan ini Kota Masdar di Abu Dhabi dan lainnya,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato kuncinya dalam ADSW 2020 di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC), Senin.

Dalam forum yang dihadiri oleh sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan itu Presiden juga mengundang masyarakat dunia untuk membawa teknologi terbaik, inovasi terbaik, dan kebijakan terhebat.

Kepala Negara juga mengundang para peserta forum ADSW 2020 untuk ke Indonesia.
“Untuk menginvestasikan di masa depan dimana energi terbarukan dan teknologi bersih menciptakan kehidupan berkelanjutan bagi pengembangan ekonomi dan sosial,” katanya.

Pada kesempatan yang dihadiri oleh para penggiat energi berkelanjutan dan teknologi bersih tingkat dunia itu, Presiden Jokowi juga memaparkan rencana pembangunan ibu kota baru Indonesia yang akan menganut konsep kota berkelanjutan.

Bahkan, Kepala Negara memutarkan video singkat rencana induk ibu kota baru Indonesia yang kemudian mendapatkan sambutan tepuk tangan meriah dari hadirin.
“Kami tidak membangun kota administratif yang kecil melainkan kota metropolis yang serba pintar,” kata Jokowi dalam forum tahunan tingkat dunia tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA