Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Viva: Caketum Gandeng Amien Rais Harapkan Coattail Effect

Ahad 12 Jan 2020 13:48 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan

Viva Yoga Mauladi.

Viva Yoga Mauladi.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Viva Yoga Mauladi mengakui Amien Rais masih miliki pengaruh yang kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengakui Amien Rais masih memiliki pengaruh yang kuat di partai tersebut. Menurutnya, bila ada calon ketua umum yang menggandeng Amien Rais, caketum tersebut mengharapkan adanya efek ekor jas (coattail effect).

Menurut Viva, Amien Rais adalah salah satu pendiri partai. Amien juga menjadi ikon PAN yang tak citranya tak bisa dilepaskan dari Partai beraliran nasionalis relijius. Ketokohan Amien yang kerap disebut Bapak Reformasi juga melekat di mata para kader PAN.

"Jadi kalau ada kandidat yang ingin menggandeng Pak Amien Rais maka sebenarnya ingin ada coattail effect yang diakibatkan oleh adanya Pak Amien itu," ujar Viva Yoga saat dikonfirmasi, Ahad (12/1).

Sejauh ini, Caketum yang kerap terlihat didukung Amien Rais adalah Mulfachri Harahap. Amien bahkan pekan ini mendampingi Mulfachri menemui 75 DPW PAN di Medan, Sumatera Utara pada pertengahan pekan ini. Viva menilai, bagaimanapun Amien tidak memiliki suara dalam penentuan caketum PAN. Namun, Amien diyakini memiliki pengaruh dalam menggalang dukungan bagi caketum PAN.

"Itu kan teorinya begitu kan. Tapi nanti kita liat di Kongres seperti apa," kata Viva Yoga.

Kongres PAN semakin memanas dengan munculnya nama-nama tokoh PAN yang bakal bertarung dalam kontestasi calon ketua umum PAN. Dari nama-nama yang muncul, Ketua Umum Pejawat Zulkifli Hasan (Zulhas) diprediksi berpeluang brdat sebagai pemenang.

Salah satu faktor paling menonjol di antaranya dari jumlah galangan dukungan yang diperoleh Zulhas. Zulkifli Hasan disebut sudah menggalang dukungan 30 DPW dan 300 lebih DPD.

Mulfachri menggelar silaturahmi dengan DPW PAN Sumut dan 75 DPD di Grand Aston City, Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/1) lalu. Ia didampingi Amien Rais.  Calon Ketua Umum selain Zulhas dan Mulfachri di antaranya Mantan Menpan RB Asman Abnur dan Ekonom Dradjad Wibowo.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA