Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sejumlah Kebiasaan Ini Dinilai Menyehatkan, Benarkah?

Kamis 09 Jan 2020 04:31 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Nora Azizah

Banyak orang berpikir bahwa banyak minum, berkumur, hingga menghitung kalori adalah sebuah kebiasaan yang sehat (Ilsutrasi olahraga senam keseimbangan)

Banyak orang berpikir bahwa banyak minum, berkumur, hingga menghitung kalori adalah sebuah kebiasaan yang sehat (Ilsutrasi olahraga senam keseimbangan)

Foto: Piqsels
Berikut paparah para ahli terkait kebiasaan yang dinilai menyehatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang berpikir bahwa banyak minum, berkumur, hingga menghitung kalori adalah sebuah kebiasaan yang sehat. Namun, benarkah demikian?

Berikut merupakan jawaban-jawaban para ahli kesehatan terkait kebiasaan yang selama ini dinilai menyehatkan, melansir dari health.com, Kamis (9/1).

Minum delapan gelas air 8 setiap hari
Kebiasaan ini baik untuk dilakukan. Menurut ahli, Rata-rata, Anda perlu mengganti sekitar 2,4 liter (sekitar 81 ons) air sehari.

Baca Juga

“Beberapa akan memerlukan lebih atau kurang berdasarkan tingkat aktivitas dan asupan cairan dari sumber lain,” kata Elroy Vojdani, seorang perintis obat fungsional di Los Angeles.

Jika kulit Anda kering atau bibir pecah-pecah atau kering, itu bisa menjadi petunjuk bahwa Anda tidak minum cukup air. Ia juga mengingatkan agar membeli air dalam botol kaca atau, wadah isi ulang.

"Dengan botol plastik, Anda bisa menelan bahan kimia seperti BPA dan zat berbahaya bahkan dalam botol bebas BPA," kata Dr. Vojdani. (Plus, botol plastik adalah sumber utama pencemaran lingkungan).

Flossing setiap hari
Membersihkan gigi dengan benang gigi atau flossimg juga dinilai baik. Sebab, ada sela-sela gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi.

"Menyikat hanya membersihkan tiga dari lima permukaan gigi yang terbuka, jadi untuk membersihkan dua lainnya, Anda harus menggunakan benang," kata Bill Dorfman, seorang dokter gigi kosmetik yang berbasis di Los Angeles dari ABC's Extreme Makeover.

Sela-sela gigi yang tidak bersih dapat mengakibatkan gigi berlubang. Bahkan, plak yang tersisa Sisa plak yang tersisa dapat menyebabkan infeksi mulut kronis, yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

Dalam melakukan flossing, arahkan benang ke benang setidaknya sekali sehari sebelum Anda menyikat gigi, gunakan gerakan naik dan turun, dan pastikan Anda tahu cara menggunakan benang dengan benar.

Melakukan pembersihan racun
Ahli menilai, tindakan ini tidak perlu. Orang sering melakukan pembersihan untuk membersihkan racun dari tubuh mereka dan menganggap dapat mempercepat metabolisme untuk menurunkan berat badan. Namun, anggapan itu dinilai tidak sepenuhnya benar.

"Penelitian belum dapat membuktikan hasil yang konsisten," kata Kellie Gragg, direktur layanan klinis dengan Strata Integrated Wellness Spa di Garden of the Gods Resort and Club di Colorado Springs, Colorado.

Tubuh dirancang secara unik untuk menetralisir dan menghilangkan sebagian besar racun yang Anda terpapar setiap hari. Kemudian, sistem detoksifikasi internal berfungsi paling baik ketika Anda merawat diri sendiri.


Memakan probiotik
Tindakan ini boleh dilakukan. Menurut ahli, jika Anda ingin meningkatkan kesehatan jangka panjang anda, terutama jika Anda memiliki masalah mencerna makanan, probiotik dapat membantu.

"Mereka mengubah komposisi bakteri dalam usus Anda, yang kemudian mengurangi peradangan keseluruhan dalam usus," kata Dr. Vojdani.

Penelitian menunjukkan hubungan antara kesehatan usus dan otak. Secara teori, probiotik dapat membantu Anda menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer atau Parkinson. Cari probiotik bersertifikat GMP dengan spesies lactobacilli dan bifidobacteria dan setidaknya 20 miliar CFU per porsi. Bawa dengan makanan, lebih baik probiotik berupa sayuran hijau.

photo
Menimbang berat badan (Ilustrasi)
Menghitung kalori
Ahli menilai tindakan ini tak perlu. Menghitung kalori mungkin menjadi alat promosi program penurunan berat badan komersial, tetapi itu tidak berhasil.

"Ini adalah tindakan yang tidak tepat dan membuaf frustrasi," kata Robin Foroutan, ahli diet obat integratif di New York City dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet.

Tidak semua orang menyerap kalori dengan cara yang sama atau membakar kalori pada tingkat yang sama, dan berbagai jenis kalori mempengaruhi metabolisme dengan cara yang berbeda. Meskipun ada baiknya untuk mengetahui seberapa banyak Anda makan dalam sehari, menghitung kalori dengan cara yang ketat dapat mendorong gangguan makan dan hubungan yang tidak sehat dengan makanan dalam jangka panjang.

Menimbang berat badan setiap hari
Hal ini boleh dilakukan, boleh tidak. Menurut Ahli, tindakan tersebut tergantung pada tujuan masing - masing.

Jika Anda mencoba menurunkan atau mempertahankan penurunan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa penimbangan harian dapat membantu keduanya.  Kelemahannya? Menimbang berat untuk beberapa orang bisa menjadi obsesif dan sangat tidak sehat.

Ingat saja bahwa berat badan tidak selalu memberi tahu Anda segala hal yang harus Anda ketahui tentang tubuh Anda. Kurus belum tentu sehat bila tetap menyimpan lemak di tubuhnya.

Mengonsumsi suplemen kalsium
Tindakan ini juga tergantung kebutuhan. Menurut ahli, jika Anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup dari diet Anda, nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung dan tulang, suplemen dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup.

Dua kelompok yang akan mendapat manfaat paling banyak: Pria dan wanita di atas 50 tahun dan individu-individu yang mengikuti diet vegan. Saat mengonsumsi kalsium, suplemen dengan vitamin D3 dan vitamin K2-7 membantu tubuh Anda menyimpan kalsium dalam tulang, bukan arteri. Seperti halnya suplemen apa pun, tanyakan kepada dokter Anda tentang dosis dan bentuk yang terbaik untuk Anda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA