Rabu 08 Jan 2020 10:26 WIB

Megawati Terima Gelar Dr HC Ke-9

Tiga Dr HC dari perguruan tinggi dalam negeri, enam dari perguruan tingi luar negeri.

Megawati bersama sejumlah tokoh nasional seusai menerima gelar doktor kehormatan (Dr HC) dari  Soka University of Japan (SUJ) Jepang.
Foto: Dok DPP PDIP
Megawati bersama sejumlah tokoh nasional seusai menerima gelar doktor kehormatan (Dr HC) dari Soka University of Japan (SUJ) Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO— Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan (Dr HC) dalam bidanga kemanusiaan dari Soka University of Japan (SUJ) Jepang. Penganugerahan Dr Honoris Causa (HC) itu dilaksanakan di Kampus Hachioji, Tokyo, Jepang, Rabu (8/1) pagi waktu setempat.

“Bagi  Megawati ini merupakan  gelar Dr HC  yang kesembilan yang ia  terima. Rinciannya,   tiga gelar Dr HC dari perguruan tinggi di dalam negeri dan  enam  dari perguruan tinggi luar negeri,” kata Ketua DPP PDI-Perjuangan Bidang Kelautan Perikanan, Prof Rokhmin Dahuri melalui rilis yang diterima Republika.co.id.

Rokhmin yang juga merupakan pakar kelautan dan perikanan IPB University,  bersama Prof  Purnomo Yusgiantoro, Prof  Bungaran Saragih, Prof Budi Gunawan, dan Prof  Bambang Wibawarta mendampingi Megawati dalam penganugerahan Dr HC tersebut.

Menurut Rokhmin, anugerah doktor HC yang kesembilan tersebut merupakan bukti dan pengakuan atas sumbangsih pemikiran dan perjuangan Megawati  bagi kemanusiaan dalam berpolitik dan berkebangsaan. 

"Ini membuktikan bahwa sumbangsih Megawati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diakui, baik di dalam negeri  maupun luar negeri," kata menteri Kelautan dan Perikanan era Kabinet Gotong Royong itu.

Ia menambahkan,  delegasi Indonesia lain yang hadir adalah Prananda Prabowo (ketua DPP PDIP yang juga putra kedua Megawati), Dr Ahmad Basarah (wakil Ketua MPR RI dan ketua DPP PDIP), Herman Heri (ketua Komisi III DPR RI), Djan Farid (mantan Menteri Perumahan Rakyat), dan  wakil Dubes RI untuk Jepang.  “Selain itu, juga hadir  sejumlah sahabat dekat Megawati,” tutur Rokhmin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement