Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

BIJB Sudah Bisa Layani Penerbangan Haji 2020

Selasa 07 Jan 2020 16:14 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Petugas mengisi avtur ke pesawat di Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Petugas mengisi avtur ke pesawat di Bandara BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Foto: Antara/Dedhez Anggara
Fasilitas BIJB sudah sangat memadai untuk menjadi embarkasi dan debarkasi haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, Jawa Barat sudah bisa melayani penerbangan haji 2020. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti menyambut baik dijadikannya BIJB sebagai bandara embarkasi dan debarkasi 2020.

Polana mengimbau penyelenggara BIJB terus memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah haji. “Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan harus terus menjadi prioritas. Berikan kesan dan pengalaman terbaik buat para calon jamaah haji kita,” kata Polana, Selasa (7/12).

Dia menambahkan saat ini BIJB sudah sangat siap menjadi bandara yang melayani embarkasi dan debarkasi haji. Polana mengatakan fasilitas BIJB sudah sangat memadai untuk menjadi embarkasi dan debarkasi yang berdomisili di Jawa Barat dan sekitarnya.

Baca Juga

“Masyarakat akan merasa nyaman terbang ke tanah suci melalui bandara ini. Tidak perlu harus jauh-jauh ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sudah sangat padat,” tutur Polana.

Penetapan BIJB Kertajati menjadi embarkasi dan debarkasi haji 2020 ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) oleh Menteri Agama Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hari ini (7/1). Dengan begitu yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno-Hatta, mulai tahun ini akan terbang melalui BIJB. Tercatat kuota haji untuk Jawa Barat sebanyak 38.852 jamaah yang akan terbagi dalam 97 kelompok terbang (kloter).

Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan nantinya seluruh jamaah haji yang berasal dari Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi. Selain itu juga mengikuti seluruh rangkaian proses seperti customs, Immigration and Quarantine (CIQ) serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di Asrama Haji Embarkasi Bekasi.

“Selanjutnya seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB,” jelas Fachrul.

Fachrul memastikan pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Dia menilai dengan hadirnya embarkasi dan debarkasi haji BIJB diharapkan akan menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA