Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang Landa Bali

Ahad 05 Jan 2020 09:53 WIB

Red: Nora Azizah

 Angin kencang yang melanda sejak Sabtu (4/1) siang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang (Ilustrasi pohon tumbang)

Angin kencang yang melanda sejak Sabtu (4/1) siang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang (Ilustrasi pohon tumbang)

Foto: Dok BPBD Garut
Pohon tumbang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Badung, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Angin kencang yang melanda sejak Sabtu (4/1) siang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Bencana ini terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Badung, Bali.

"Di wilayah Badung ada beberapa peristiwa pohon tumbang yang kami terima laporannya. Dan kami langsung menerjunkan tim untuk melakukan penanganan dengan memotong batang pohon yang tumbang agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, Ni Nyoman Ermy Setiari, di Mangupura, Sabu malam.

Peristiwa pohon tumbang di wilayah Badung, di antaranya terjadi di kawasan Pantai Kuta. Satu pohon jenis Waru berdiameter 15 cm dengan panjang delapan meter tumbang sekitar pukul 11.48 Wita.

"Untuk yang di Kuta pohon tumbang menimpa pos jaga Polisi serta kabel listrik PLN. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," kata Ermy Setiari.

Pohon tumbang berikutnya, terjadi di kawasan Jalan Raya Munggu Kapal, Mengwi, Badung. Akibat angin kencang dan hujan deras yang terjadi di wilayah itu, satu pohon berjenis Waru dengan diameter 50 cm tumbang.

"Pohon tumbang tersebut menimpa satu unit kendaraan roda empat dan sempat menutupi badan jalan. Tidak ada korban jiwa juga dalam peristiwa itu," ujar Ermy Setiari.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di sejumlah kawasan lain di Badung seperti di Desa Carangsari, Desa Abiansemal, Desa Dauh Yeh Cani dan beberapa titik lainnya. Dalam imbauan resminya, BPBD Provinsi Bali meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing akibat adanya kejadian angin kencang di sejumlah wilayah Bali.

Selain itu, pengguna jalan juga diminta untuk mewaspadai ranting atau dahan pohon yang berpotensi patah serta tidak parkir di sekitar pohon yang rawan tumbang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA