Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Prihatin pada Kesehatan Fisik Para Ustaz Muhammadiyah

Sabtu 04 Jan 2020 11:16 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Keluarga dan kerabat mengusung jenazah Wakil Ketua Umum MUI sekaligus Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas saat prosesi pemakaman jenazah di Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Jumat (3/1/2020).

Foto:
Wafatnya Buya Yunahar Ilyas mengingatkan kita pada pentingnya aspek kesehatan.

Sebagian ustaz sudah menyadari risikonya. Namun, terdorong oleh rasa ingin menghormati tuan rumah, mereka pun tetap menyantap suguhan “berbahaya” itu. Dan akumulasinya, sejumlah ustaz muda pun sekarang sudah terpapar penyakit degeneratif. Tidak percaya? Ayo kita survei.

Ketiga, mereka bertiga “tinggal serumah” di Pondok Pesantren Budi Mulia (PPBM) Yogyakarta.

Buya Prof Yunahar Ilyas, Bang Said Tuhuleley, dan Ustadz Suprapto Ibn Juraimi adalah tiga di antara banyak ustaz yang mendedikasikan dirinya sebagai pengasuh PP Budi Mulia. Bahkan, Prof Yun dan Bang Said, hingga wafatnya bertempat tinggal di sana.

Lantas apa hubungannya?

Entah secara kebetulan atau tidak, ketiga tokoh tersebut merupakan “kader penerus” dari Prof Amien Rais di PP Budi Mulia. Namun, kini Prof Amien Rais telah ditinggalkan lebih dahulu oleh para kader tersebut.

Sekali lagi, terlepas dari maut sebagai qadarullah. Padahal, sama dengan semua juru dakwah Muhammadiyah, Prof Amien Rais hingga saat ini (usia 75 tahun) masih aktif berdakwah. Bahkan, di kancah politik bisa dibilang beliau masih se-‘garang’ zaman ketika memimpin Reformasi dulu.

Apa rahasianya? Sepanjang yang saya ketahui, prof Amien Rais menjaga kesehatannya dengan membiasakan diri berpuasa Nabi Daud. Ini sebagaimana juga dilakukan oleh presiden ketiga RI BJ Habibie (Allah subhaanahu wa ta'aalaa yarham).

Dengan membiasakan berpuasa, termasuk mengendalikan diri dalam acara-acara dakwah yang mendorong makan banyak dan enak, lantas juga berolahraga, Prof Amien Rais bisa tetap dikaruniai kesehatan dan kebugaran. Saya duga, Prof Amien Rais juga rutin melakukan cek kesehatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA