Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tim SAR Bandung Bantu Penanganan Banjir di Jabodetabek

Jumat 03 Jan 2020 07:35 WIB

Red: Nur Aini

Pascabanjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur

Pascabanjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Tim SAR Bandung mengirimkan personelnya untuk penanganan banjir di Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung menerjunkan tiga tim untuk ikut turut serta dalam penanganan banjir di yang melanda daerah Jabodetabek.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan satu tim terdiri atas lima orang sehingga total ada 15 personel yang diterjunkan.

Baca Juga

"Dalam rangka menambah kekuatan, dan mempercepat evakuasi terhadap korban banjir di daerah Jabodetabek khususnya daerah Bekasi, Kantor SAR Bandung telah berkoordinasi dengan pihak Kantor SAR Jakarta untuk memberikan bantuan personil sebanyak tiga tim" kata Deden di Bandung, Kamis (2/1).

Dia menjelaskan tiga tim itu terbagi menjadi tim 31, 32 dan 33 yang tergabung di regu B penanganan evakuasi bencana di Bekasi, khususnya daerah Bekasi Utara.

"Diharapkan dengan perbantuan personel untuk bencana banjir wilayah Jabodetabek ini dapat memberikan penanganan yang lebih cepat bagi masyarakat yang membutuhkan evakuasi," kata Deden.

Menurutnya, tiga tim yang terdiri sebanyak 15 personel itu dilengkapi dengan tiga perahu karet, rescue truck, personel truck, rescue compartment, dan rescue car.

Dalam misi tersebut, menurutnya tiga tim tersebut akan bekerja di bawah arahan Kantor SAR Jakarta. Hal itu karena wilayah bekasi dan Bogor menurutnya merupakan wilayah kerja SAR Jakarta.

"Sehingga koordinator dari penanganan bencana Banjir ini di bawah arahan pihak Kantor SAR Jakarta, kami ikut serta sebagai perbantuan dalam rangka meningkatkan responsivitas dan evakuasi SAR yang maksimal" kata Deden.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA