Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Boateng: Sepak Bola tak Lagi Menyenangkan

Selasa 31 Dec 2019 18:06 WIB

Rep: Rizky Suryandika/ Red: Agung Sasongko

Jerome Boateng dan Kevin Prince-Boateng

Jerome Boateng dan Kevin Prince-Boateng

Foto: ghananews
Boateng menyayangkan besarnya pengaruh uang pada sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pesepak bola Kevin-Prince Boateng menyoroti perubahan yang terjadi di dunia sepak bola. Ia merasa sepak bola tak lagi menyenangkan seiring kemajuan zaman.

Boateng menyayangkan besarnya pengaruh uang pada sepak bola. Bahkan ia menyebut uang sebagai kutukan sepakbola.

Pria berusia 32 tahun itu pernah menjadi striker Barcelona dalam status pinjaman hingga akhir musim 2018/19. Padahal Barca sempat menawarkan transfer permanen senilai €8 juta padanya.

"Sepakbola hanyalah bisnis dan pemain hanya angka. Jika anda menyerah maka anda akan digantikan, sesederhana itu saja," kata Boateng dilansir dari Diario As pada Selasa, (31/12).

Boateng mengalami masa tak mengenakan di Barca. Ia hanya jadi pemain cadangan. Tak banyak laga yang dilakoninya untuk Barca. Alhasil, ia pun pindah ke Fiorentina. Saat ini, ia baru berhasil mencetak satu gol dari 13 penampilannya.

"Sangat menarik jika ada survei yang mencari tahu pemain mana yang tetap suka latihan dan menikmati pertandingan. Pekerjaan ini untuk para profesional, tekanannya begitu tinggi hingga menyebabkan stres," ujar pesepakbola asal Ghana itu.

Boateng juga menyoroti perilaku pesepakbola muda. Mereka tak fokus latihan karena sibuk bermain Playstation dan Instagram. “Talenta muda tanpa latihan itu tidak ada apa-apanya. Saya pikir sepakbola sudah berubah, seperti halnya masyarakat," ucap Boateng. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA