Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Hilangkan Komedo Putih Dengan Bahan Alami

Sabtu 04 Jan 2020 16:43 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Kunyit.

Kunyit.

Foto: Pixabay
Komedo adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebih.

CEKNRICEK.COM -- Komedo putih atau biasa disebut whitehead salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori. Komedo adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. 

Komedo dapat muncul di bagian manapun, umumnya di hidung, dagu, dan kening (atau yang disebut dengan 'zona T'). Komedo putih muncul tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Meskipun pada masa remaja tidak pernah mengalami masalah pada kulit, setiap orang tetap berpotensi memiliki komedo ketika dewasa, tergantung pola hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Untuk menghilangkan komedo putih berikut beberapa cara dengan menggunakan bahan alami yang musti Anda coba. 

Aloe Vera dan Lemon
Aloe vera memiliki sifat pembersih kulit yang sangat baik yang membantu menghilangkan whiteheads. Sementara lemon bertindak sebagai zat astringen dan antimikroba. 

Caranya, ambil satu sendok makan gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya. Hancurkan ini dengan baik, lalu tambahkan 1 sendok teh jus lemon ke dalamnya dan blender sampai merata. Pijat ke kulit wajah yang terkena komedo putih dengan lembut selama 3-4 menit. Diamkan selama 10 menit lalu basuh wajah Anda dengan air.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Komedo di Wajah

Kunyit
Kunyit memiliki kualitas antimikroba dan juga bisa menyembuhkan luka pada kulit wajah sehingga bisa menghilangkan komedo tanpa menimbulkan bekas luka. Untuk membuat ramuan ini Anda hanya perlu mencampur setengah sendok teh kunyit dengan air atau madu.

Buat campuran menjadi pasta bubuk kunyit dan oleskan pada komedo. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

Air Mawar dan Lemon
Lemon memiliki sifat membersihkan kulit yang hebat, sementara air mawar membuka pori-pori yang tersumbat. Ini menyeimbangkan pH kulit dan juga meningkatkan sirkulasi yang sehat pada wajah.

Untuk membuat ramuan ini Anda hanya butuh 1 sendok teh lemon dan 1 sendok teh air mawar. Campurkan lemon dan air mawar. Oleskan pada kulit yang terdapat komedo putih dengan kapas dan biarkan selama 10-12 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

Tea Tree Oil
Sifat antimikroba dari tea tree oil membantu menghilangkan bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo putih. Untungnya, Anda hanya butuh tea tree oil dan kapas atau cotton bud untuk mencoba ramuan ini. Celupkan kapas ke dalam tea tree oil dan oleskan pada komedo putih.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, celupkan kapas ke dalam air lebih dulu sebelum dicelupkan ke tea tree oil, baru digunakan pada wajah. Ramuan ini bisa Anda coba 2 kali dalam sehari.

BACA JUGA: Cek HUKUM, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA