Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Camila Cabello Dituding Jiplak Lagu Musisi Peru

Senin 30 Dec 2019 13:01 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Camila Cabello dituding menjiplak lagu oleh kelompok reggae Peru.

Camila Cabello dituding menjiplak lagu oleh kelompok reggae Peru.

Foto: People's choice.com
Ini bukan kali pertama Camila Cabello disebut menjiplak lagu karya musisi lain.

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- Penyanyi Camila Cabello tampaknya kurang beruntung di bulan penghujung tahun ini. Pada 18 Desember, penyanyi itu meminta maaf atas akun lama Tumblr rasisnya yang muncul kembali. Ia kemudian bertemu dengan tuduhan rasisme lebih lanjut.

Sekarang orang menuduh Cabello menjiplak lagu oleh kelompok reggae Peru. Dalam sebuah klip yang telah beredar secara daring, lagu Cabello “My Oh My” dari album keduanya bertajuk Romance diputar dengan lagu “They knock on the door” milik Tierra Sur.

Seperti yang ditunjukkan oleh En24 News, seruan dan respon lagu itulah yang membuatnya terdengar sangat mirip. Dalam lagu Tierra Sur 1992, seruannya  “They knock on the door (who will it be) / are a couple of mongos (don’t open them no) / speak like gringos (let them go) / They don’t rest even on Sunday (don’t open them no) ”.

Dalam lagu Cabello, yang menampilkan DaBaby, seruan dan responnya adalah “They say he likes a good time (My oh my) / He comes alive at midnight (Every night) / My mama doesn’t trust him (My oh my) / He’s only here for one thing, but (so am I)“.

Penggemar musik pertama kali menunjukkan kesamaan di Twitter

“Mengapa saya tidak terkejut...?” pengguna Twitter @Youdaoneari menulis, bersama dengan klip lagu-lagunya, seperti yang dilansir dari The Daily Dot, Senin (30/12).

Akun Twitter Tierra Sur mengunggah tautan Spotify “They knock on the door” pada 27 Desember, tak lama setelah tuduhan plagiarisme mulai beredar. Berbicara dengan EN24 News, penulis lagu “The knock on the door” pada 1991, Pochi Marambio, tidak akan mengatakan apakah dia percaya lagu itu dijiplak.

Namun ia tidak menegaskan bahwa tidak ada seorang pun dari tim Cabello yang menjangkau mereka. Marambio mengatakan, terlalu dini untuk berspekulasi tentang masalah ini.

“Saya mengerti perusahaan, industri musik internasional, khususnya dunia hiphop dan rap, mengenali elemen apa yang mereka gunakan untuk produksi mereka dan menghormati, serta berbicara dengan penulis atau perwakilan hukum mereka,” kata Marambio.

“My Oh My” tidak mencantumkan Marambio sebagai penulis yang dikreditkan. Pengguna Twitter lainnya menuliskan bahwa tim Cabello benar-benar bekerja keras.

“Sampel adalah ketika seorang artis memasukkan bagian dari lagu orang lain ke dalam lagu mereka sendiri dan memberikan pujian saat melakukannya. Camila tidak memuji penulis lagu original dengan My oh My,” tulis pengguna Twitter @ghostin333. Sementara The Daily Dot telah menjangkau Tierra Sur.

Ini bukan pertama kalinya penyanyi kelahiran 1997 ini dituduh melakukan plagiarisme. Pada 2017, ia dituduh menjiplak lagu Selena Gomez. Pada Oktober tahun ini, Cabello juga dituduh menjiplak musik MARINA.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA