Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Secangkir Teh Hangat yang Nikmat di Musim Dingin

Kamis 26 Dec 2019 22:37 WIB

Rep: MGROL126/ Red: Nora Azizah

Secangkir Teh Hangat yang Nikmat di Musim Dingin (Ilustrasi Teh Hangat)

Secangkir Teh Hangat yang Nikmat di Musim Dingin (Ilustrasi Teh Hangat)

Foto: Pixabay
Bila sebelumnya segelas es teh manis nikmat diteguk di musim panas, kini tidak lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila sebelumnya segelas es teh manis nikmat diteguk di musim panas, kini tidak lagi. Pasalnya, Indonesia sudah mulai masuk di musim hujan.

Dengan suhu dingin, tentu saja secangkir minuman hangat yang pasti dicari. Selain memberikan rasa hangat di tubuh, minuman panas juga memberikan efek nyaman di musim dingin. Terlebih, seruput minuman hangat yang ditemani kudapan biskuit membuat udara dingin kian nyaman.

Baca Juga

Dilansir melalui hindustantimes, Kamis (26/12), berikut beberapa jenis teh hangat yang bisa dicoba dibuat di rumah saat musim dingin.

 

Teh Hitam

Minuman yang menenangkan dan menghangatkan perut ini juga menyegarkan pikiran dan mengurangi kelelahan. Jenis teh ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap cuaca dingin dan memberi manfaat bagi proses pencernaan. Mengonsumsi empat cangkir teh hitam atau lebih dalam sehari dapat mengurangi risiko terkena penyakit stroke.

 

Teh Peppermint

Meminum teh jenis ini di musim dingin sangat cocok untuk penderita penderita sakit kepala serta infeksi sinus yang disebabkan oleh stress atau pola makan yang buruk. Kandungan mentolnya juga mampu membantu menenangkan selaput lendir yang meradang di sinus dan tenggorokan.

 

photo
Teh Hijau
 

Teh Hijau

Teh hijau dengan daunnya yang tidak difermentasi mampu menghilangkan rasa panas internal dan membantu menghasilkan air liur yang memuaskan dahaga. Teh hijau juga membantu meredakan sakit perut ringan.

 

Teh Oolong

Teh yang tergolong pahit ini ternyata menggabungkan kualitas daun teh hitam dan hijau sehingga memiliki manfaat lebih bagi kesehatan. Teh oolong dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, meningkatkan air liur, dan dapat melenyapkan panas dalam selama musim dingin berlalu.

 

The Jaggery atau Gu Ki Chai

Teh jiggery (gur) memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat besi dan vitamin C di dalamnya membantu proses pencernaan yang baik. Selain itu, jenis teh ini dapat diguakan seara tradisional sebagai obat gangguan pernapasan dan meredakan penyakit tenggorokan. Teh ini bisa menghangatkan badan kaeran mampu melepaskan kalori murni yang bisa meningkatkan suhu panas yang ada dalam tubuh kita.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA