Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Pemkot Gelar Bandung Berzikir di Malam Tahun Baru

Kamis 26 Dec 2019 19:47 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Dzikir saat malam tahun baru (Ilustrasi).

Dzikir saat malam tahun baru (Ilustrasi).

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemkot Bandung meminta tak ada kegiatan hura-hura saat malam tahun baru.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengajak warga Kota Bandung untuk mengisi malam tahun baru 2020 dengan kegiatan muhasabah di masjid. Ia pun mengimbau agar tidak mengisi pergantian tahun baru dengan kegiatan hura-hura.

"Saya mengimbau mari kita muhasabah diri dan tidak ada kegiatan hura-hura," ujarnya, Kamis (26/12). Dengan usia yang semakin bertambah maka menurutnya menjadi momentum untuk melakukan muhasabah.

Baca Juga

Untuk memfasilitasi kegiatan muhasabah, ia mengungkapkan, pihaknya akan menggelar acara 'Bandung Berzikir' di Masjid Al-Ukhuwah saat malam tahun baru. Selain itu, ia mengintruksikan agar jajaran kewilayahan melaksanakan kegiatan serupa.

"Mari kita sama-sama berzikir di masjid, ingat Allah. Mudah-mudahan dengan muhasabah diri, bisa mengevaluasi diri. Apakah tahun ini lebih baik dari tahun kemarin atau tidak," katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Bandung Bambang Sukardi mengatakan Bandung Berzikir dilaksanakan pada malam tahun baru dan berakhir pada hari pertama di tahun baru dengan kegiatan bersih-bersih.

"Ada kajian Alquran pada malam tahun baru sampai subuh, tausiah dan itikaf terus salat subuh berjamaah. Terus dilanjutkan bebersih Bandung," katanya.

Menurutnya, kegiatan tidak hanya dilaksanakan di Masjid Al-Ukhuwah. Namun di 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Dengan Bandung Berzikir diharapkan katanya masyarakat tidak melakukan kegiatan hura-hura saat malam tahun baru.

"Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke pusat kota tetapi melaksanakan dzikir bersama," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA