Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Hujan Deras, Belasan Pohon di Bandung Tumbang

Jumat 27 Dec 2019 00:03 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda

Hujan deras dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang di sejumlah jalan di Bandung. Foto pohon tumbang di trotoar Jl Diponogoro, Kota Bandung, (ilustrasi).

Hujan deras dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang di sejumlah jalan di Bandung. Foto pohon tumbang di trotoar Jl Diponogoro, Kota Bandung, (ilustrasi).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Sebelum menebang pohon dinas DPKP3 Bandung menanam pohon pengganti.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi beberapa jam di Kota Bandung, Kamis (26/12) siang menyebabkan sejumlah pohon berbagai ukuran kembali tumbang. Beruntung tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Berdasarkan data Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, pohon tumbang terjadi di Jalan Teuku Umar 1 pohon tumbang, Jalan PSM Sukapura, 1 pohon tumbang.

Kemudian 1 pohon tumbang di Jalan Rancacili dan 1 pohon di Jalan Aria Graha dan 1 pohon di Jalan Hantap, Babakan Surabaya serta di Jalan Kebon Jeruk, Derwati. "(Pohon tumbang) banyak, alhamdulillah tidak ada korban," ujar Sekretaris Dinas DPKP3 Kota Bandung, Agus saat dihubungi, Kamis (26/12).

Menurutnya, pihaknya berupaya memotong pohon yang rawan tumbang dan membahayakan warga. Namun pihaknya akan memotong pohon yang sangat membahayakan dan terlebih dahulu mengganti pohon tersebut.

"Sangat mungkin (dipotong) tapi untuk penebangan kita cukup hati-hati. Kalau memang sudah sangat membahayakan baru kita tebang dan kita pun biasanya menanam dulu penggantinya," katanya.

Sementara itu, Kabid Pemadam Kebakaran, Kurnia menambahkan akibat hujan deras dan angin kencang terjadi pohon Hadas tumbang berdiameter 50 cm di jalan Aria Graha. Menurutnya petugas sudah melakukan evakuasi dengan memotong pohon tersebut.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA