Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Mengapa Anda Harus Belajar Bahasa Asing?

Rabu 25 Dec 2019 06:40 WIB

Rep: Mgrol127/ Red: Didi Purwadi

Kemampuan berbahasa asing dibutuhkan untuk membuka peluang karier.

Kemampuan berbahasa asing dibutuhkan untuk membuka peluang karier.

Foto: pixabay
Keterampilan bahasa asing membuka peluang bekerja di tempat lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setengah dari populasi dunia adalah dwibahasa, tetapi hanya 25% orang Amerika yang dapat berbicara dalam bahasa lain.

Perubahan adalah salah satu tujuan upaya advokasi bahasa, seperti kampanye “Lead with Languages”. Sebagai penulis buku, Kathleen Stein-Smith, menyebutnya defisit bahasa Amerika.

Berikut Stein-Smith ulas beberapa alasan yang membuat Anda harus belajar bahasa asing, seperti yang dikutip TheConversation.

• Membuat Anda lebih pintar
Penelitian menunjukkan, memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa sangatlah baik dalam keterampilan memecahkan masalah dan juga kreativitas. Ini akan membantu orang untuk mengenal situasi yang tidak dikenal. Penggunaan bahasa lain juga dapat menunda timbulnya demensia, atau pikun.

• Meningkatkan prestasi akademik
Pembelajaran bahasa dapat mendukung pencapaian akademik untuk Anda yang juga belajar bahasa asing. Menjadi bilingual telah terbukti bermanfaat, terutama pada anak-anak, untuk mengarahkan diri mereka saat terjadi gangguan komunikasi.

Studi lain mengatakan, anak-anak yang terbiasa bilingual di rumah, memiliki nilai kognitif lebih baik daripada yang menggunakan satu bahasa saja.

• Memberikan keuntungan profesional dan karier
Penelitian menunjukkan, permintaan pekerja dwibahasa di Amerika Serikat telah meningkat dua kali lipat pada 2010 hingga 2015. Sekitar 6,8 juta dari 11 juta pekerja di bidang ekspor mempekerjakan mitra dagang yang dwibahasa.

Sembilan dari 10 pengusaha AS mengandalkan karyawan dengan keterampilan bahasa selain bahasa Inggris. Dan, satu dari empat pengusaha AS kehilangan bisnis karena kurangnya keterampilan bahasa.

• Menyediakan akses yang lebih luas dalam pendidikan dan informasi
Jika Anda bisa berbicara bahasa lain, itu dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Itu artinya, Anda punya kesempatan lebih untuk bisa belajar di luar negeri karena kemampuan bahasa lain.

Hal yang sama berlaku ketika datang ke media berita. Mereka yang hanya berbicara bahasa Inggris, tidak dapat secara langsung mengakses berita dan perspektif di bagian dunia di mana bahasa lain lebih dominan.

• Memberi Anda lebih banyak keterampilan sosial dan global
Lebih dari 60 juta orang di AS berbicara bahasa selain bahasa Inggris di rumah. Sementara mereka yang hanya berbicara dengan bahasa Inggris, akan kehilangan kemampuan komunikasi dengan bahasa induknya di sosial dan global. Bahasa merupakan bagian dari warisan budaya dan identitas diri.

Keterampilan bahasa asing juga membuka peluang untuk melakukan bisnis dan bekerja di tempat lain. Secara keseluruhan 75% populasi dunia tidak berbicara bahasa Inggris. Mereka yang hanya berbicara bahasa Inggris, juga mungkin terbatas dan kurang berminat untuk berkolaborasi dengan orang lain di seluruh dunia untuk mengatasi masalah global.

• Meningkatkan keamanan nasional
Di bidang keamanan nasional, berbagai lembaga dan departemen federal yang peduli dengan keamanan nasional, termasuk FBI, CIA, dan Departemen Luar Negeri, Keamanan Dalam Negeri, dan Pertahanan, membutuhkan lebih banyak agen dan karyawan yang dapat berbicara dan memahami bahasa lain.

Kebutuhan ini digarisbawahi setelah serangan 9/11 ketika muncul bahwa kurangnya ahli bahasa Arab membuat AS kehilangan pesan penting yang dikirim oleh Alqaidah tentang serangan 9/11 sehari sebelum mereka terjadi.

• Hidup lebih menarik
Cobalah Anda pikirkan, ada lebih dari 60 juta orang di AS dan 75% dari populasi orang di seluruh dunia yang dapat kita ajak bicara dalam bahasa mereka. Bercengkrama membuat hidup lebih menarik bukan? Cobalah untuk itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA