Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Guardiola Mulai Menyerah Kejar Liverpool

Senin 23 Dec 2019 23:33 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Pep Guardiola

Pep Guardiola

Foto: EPA-EFE/PAOLO MAGNI
Manchester City kini tertinggal 11 poin dari Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Tertinggal 11 poin dan telah melakoni satu laga lebih banyak dari pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, Liverpool, Manchester City masih terdampar di peringkat ketiga klsemen sementara. Pelatih City, Pep Guardiola, mengakui, dengan kondisi tersebut, rasanya tidak realistis buat timnya untuk bisa mengejar raihan poin Liverpool dan mempertahankan titel Liga Primer Inggris pada musim ini.

Belum lagi dengan tren performa Liverpool, yang cenderung tampil konsisten dan mampu terus berada di jalur kemenangan. Pada musim ini, The Reds memang masih tercatat sebagai satu-satunya tim yang belum menelan kekalahan. The Reds sukses mengemas 16 kemenangan dan satu hasil imbang dari 17 laga Liga Primer Inggris musim ini.

Bahkan, jika ditarik lebih jauh, The Reds sukses mengemas catatan tidak pernah kalah dalam 34 laga terakhir di Liga Primer Inggris. Kekalahan 1-2 dari City pada paruh kedua musim lalu, awal Januari silam, menjadi kekalahan terakhir tim asal Merseyside itu di pentas Liga Primer Inggris.

Dengan tren positif Liverpool itu, Guardiola pun mengaku, akan sulit buat timnya untuk bisa mengejar raihan poin The Reds di papan klasemen sementara. Eks pelatih Barcelona itu juga menyebut, The Reds merupakan tim yang sangat kuat dan memiliki kecenderungan untuk bisa bangkit setelah menelan sebuah kekalahan.

"Saya rasa tidak realistis buat kami untuk berpikir bisa mengejar tim yang meraih 60 kemenangan dari 70 laga. Jika mereka kalah, dan kami bisa menang, mungkin ada peluang. Namun, saya tidak optimis mereka bisa menelan empat atau lima kekalahan dalam 10 hingga 12 laga mendatang, karena mereka tim yang sangat kuat,'' ujar Guardiola seperti dikutip Sky Sports, Senin (23/12).

Kendati begitu, Guardiola menegaskan, satu-satunya hal yang bisa dilakukan timnya dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris adalah tetap tenang dan sebisa mungkin mempertahankan performa apik kala membungkam Leicester City, 3-1, Ahad (22/12) dini hari WIB. Dengan kemenangan itu, City mampu memangkas jarak poin dengan The Foxes dan tinggal menyisakan selisih satu poin dengan penghuni peringkat kedua klasemen sementara tersebut.

Guardiola pun menyebut, setidaknya target minimal buat timnya pada musim ini adalah bertahan di empat besar dan memastikan satu tiket di ajang Liga Champions musim depan. "Kami mesti bisa tetap tenang dan bisa mengulangi performa apik seperti di laga kontra Leicester, serta berusaha untuk terus meraih kemenangan demi bisa memastikan langkah di Liga Champions musim depan," ujar pelatih yang mengantarkan City meraih titel Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA