Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Gus Dur

Lomba dan Pameran Foto Peringati Haul Gus Dur

Senin 23 Dec 2019 18:31 WIB

Red: Muhammad Subarkah

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Foto: DPP PKB
Lomba terbuka untuk umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Satu dekade Haul Presiden ke IV Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur diperingat dengan cara mengadakan lomba dan pameran foto. Acaranya bertajuk `Sang Maha Guru`  Gus Dur.

Menurut panitia penyelenggara, Billy Ariez, lomba dan pameran tersebut sengaja digelar bukan sekadar untuk mengenang Gus Dur, namun melestarikan warisan keilmuan dan keteladanan Gus Dur bagi generasi penerus bangsa.

“Hakekat digelarnya acara tersebut bukan hanya untuk mengenang Gus Dur, tetapi juga sebagai harapan munculnya Gus Dur baru setelahnya," kata dia,  Senin, dalam rilisnya kepada Republika.co.id, Senin (25/12).

Dalam pandangan Billy, kehadiran sosok seperti Gus Dur sudah sangat urgen demi mempertahankan nilai-nilai pluralisme. Negeri ini membutuhkan sosok seperti Gus Dur sebagai pengayom keragaman Indonesia.

"Indonesia yang begitu sangat plural, begitu banyak potensi masalah membutuhkan pengayom. Membutuhkan orang-orang yang sanggup menyatukan perbedaan. Menempatkan suatu golongan dalam satu ikatan," tuturnya.

Billy mengajak seluruh pihak untuk turut serta berpartisipasi mengikuti lomba dan pameran tersebut.

"Kami mengundang fotografer dan masyarakat umum yang memiliki karya foto Gus Dur semasa hidup untuk turut serta. Tentu saja dengan ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Billy menjelaskan, informasi keikutsertaan lomba dan pameran: 23 Desember 2019 - 5 Januari 2020
Penyerahan foto paling lambat 5 Januari 2020.

Sedangkan pameran akan digelar Rabu, 8 Januari 2020 di kantor DPP PKB, Jl. Raden Saleh No. 9 Jakarta Pusat.

"File foto dikirim melalui email mediacenter@pkb.id. Bentuk Foto. Besar maksimal 3000 piksel dan 300 dpi. Disimpan dalam bentuk JPEG dengan kualitas tertinggi. Olah digital diperbolehkan sebatas mengubah Brightness, Contras, Sharpening, Level, Curve dan Cropping," katanya.

Dia menambahkan, fotografer dapat merupakan wartawan atau masyarakat umum. Fotografer harus menjamin bahwa tidak ada pihak ketiga yang dapat mengklaim hak atau mengemukakan keberatan atas publikasi/reproduksi/distribusi dari materi fotografi yang diajukan

Disamping itu, setiap peserta wajib menyertakan keterangan foto (caption) sesuai materi foto yang dikirimkan.vTidak diperkenankan menyertakan Watermark atau apapun sejenisnya.v20 foto terbaik akan mendapatkan reward dan dipamerkan dalam kegiatan Pameran Foto; Satu Dekade Haul Gus Dur di kantor DPP PKB.

"Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Pameran foto Gus Dur akan digelar bersamaan dengan Diskusi Reboan dengan tema Gus Dur di Mata Pewarta Foto," tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA