Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Romo Benny Harap Masyarakat Teladani Kasimo dan Natsir

Senin 23 Dec 2019 17:29 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil

Romo Benny Harap Masyarakat Teladani Kasimo dan Natsir. Foto: Romo Benny Soesatyo (kiri)

Romo Benny Harap Masyarakat Teladani Kasimo dan Natsir. Foto: Romo Benny Soesatyo (kiri)

Foto: Adhi Wicaksono/Republika
Romo Benny mengisahkan toleransi antara Kasimo dan Natsir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang natal 2019, anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Benny Susetyo berharap masyarakat meneladani contoh yang ditunjukan dua tokoh nasional besar dalam menghargai perbedaan antarumat beragama di Indonesia. Kedua tokoh tersebut yaitu mantan pemimpin Partai Masyumi Mohammad Natsir dan pendiri Partai Katholik Indonesia Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono.

"Natsir menceritakan bagaimana Kasimo itu pertama kali yang memberi salam selamat  setelah shalat ied, pasti Kasimo yang pertama. Tapi Kasimo juga memberi kesaksian bahwa Natsir lah orang pertama yang memberikan selamat natal, setelah selesai Kasimo misa. Apa artinya, di antara tokoh-tokoh bangsa itu, itu sudah terjadi hubungan silaturahmi biasa, silaturahmi, jadi hari-hari besar itu momen silaturahmi," kata Benny mengisahkan kepada Republika, Senin (23/12).



Menurutnya hal tersebut tidak ada kaitannya dengan ritual keagamaan. Oleh karena itu ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk saling menghormati, menghargai, dan tidak  memaksakan orang lain untuk mengucapkan selamat natal.

"(ucapan) itu kan ketulusan," ujar rohaniawan katholik tersebut.

Kemudian dirinya berharap perbedaan sikap antarumat beragama tidak menjadi persoalan yang dibesar-besarkan. Sebab, imbuhnya, kita hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Ya sebagian ada yang pro dan kontra itu biasa dalam suatu negara demokrasi," jelasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA