Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Makanan dan Minuman Olahan Susu Gandum yang Kaya Manfaat

Senin 23 Dec 2019 05:03 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Susu gandum merupakan altrenatif susu harian yang paling populer di pasaran saat ini.

Susu gandum merupakan altrenatif susu harian yang paling populer di pasaran saat ini.

Foto: Peakpx
Susu gandum merupakan altrenatif susu harian yang paling populer saat ini.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK CITY -- Susu gandum merupakan altrenatif susu harian yang paling populer di pasaran saat ini. Teksturnya begitu kental dengan citarasa manis, juga memiliki banyak manfaat.

Susu gandum memiliki lemak yang lebih sehat daripada susu murni. Produk tersebut memiliki lebih sedikit atau nol gram lemak jenuh dan lemak tak jenuh yang sama atau lebih dibandingkan dengan susu murni.

Susu gandum juga tidak mengandung kolesterol apapun, sedangkan susu murni mengandung 24 miligram kolesterol per cangkir. Susu tersebut biasanya mengandung jumlah vitamin dan mineral yang sama dengan susu sapi.

Susu gandum juga memiliki lebih banyak serat sebanyak dua hingga empat gram, karbohidrat sebanyak 15 hingga 20 gram per sajian dan protein sebanyak dua gram. Sementara itu susu sapi memiliki nol gram serat, 12 gram karbohidrat per sajian dan delapan gram protein.

Di balik itu semua, ada yang mengatakan tidak semua susu gandum diciptakan sama dan beberapa mungkin tidak mengandung protein atau lemak sehat. Periksa label produk.

Jika susu gandum yang dipilih memiliki sedikit protein atau lemak sehat, pastikan meminumnya sengan makanan lain. Misalnya seperti semangkuk sereal dengan kacang kenari dan biji rami atau minum susu gandum sembari memakan telur rebus.

Banyak merek telah menciptakan produk-produk berbasis susu gandum yang lezat seperti yogurt dan es krim. Produk tersebut ideal bagi siapa saja yang vegan, tidak toleran laktosa dan bebas gluten.

Es krim gandum. Es krim non susu mungkin bukan fenomena baru. Namun es krim yang dibuat dari susu gandum patut dicoba bagi seseorang yang menyukai produk bebas gluten, bebas kacang, vegan, tidak toleran laktosa atau hanya ingin mencoba sesuatu yang baru.

Sama seperti es krim pada umumnya, es krim gandum dapat berperisa vanilla, cokelar, stroberi, cokelat mint bahkan kopi. Penting untuk dicatat bahwa alternatif nabati ini mengandung banyak kalori.

Susu gandum. Anda bisa membuat busa susu dari susu gandum untuk menyempurnakan latte atau cappucino buatan sendiri.

Selain itu, seperti yang dilansir dari Real Simple, Senin (23/12), susu gandum dapat ditambahkan ke semangkuk sereal atau digunakan untuk membuat saus, smoothie, atau bahkan diminum begitu saja.

Yogurt susu gandum. Jenis makanan ini ideal untuk sarapan cepat atau camilan sehat. Caranya gabungkan yogurt susu gandum dengan buah-buahan seperti stroberi, mangga, pir,atau buah tin.

Susu gandum latte. Campurkan oat dengan latte. Susu gandum ini akan menyeimbangkan kepahitan kopi sehingga tidak perlu khawatir minuman menjadi terlalu kuat.

Krim dari susu gandum.  Produk ini dapat digunakan untuk membuat pancake empuk dan sup krim.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA