Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Cara Tepat Merawat Pendingin Ruangan

Ahad 22 Dec 2019 09:22 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

AC Panasonic dengan teknologi nanoe. Pendingin udara harus dibersihkan dengan tepat.

AC Panasonic dengan teknologi nanoe. Pendingin udara harus dibersihkan dengan tepat.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Anda ingat kapan terakhir membersihkan pendingin ruangan?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) dibutuhkan di gedung-gedung perkantoran hingga perumahan. Selain membuat udara menjadi sejuk dan memberikan rasa nyaman, AC juga dapat berfungsi sebagai pemurni udara karena di dalam ruangan pun tetap terjadi polusi domestik dari bahan-bahan furnitur, asap masakan, dan lain sebagainya.

Asisten General Manager AC Bisnis PT Panasonic Gobel Indonesia, Heribertus Ronny, mengungkapkan bahwa perawatan AC tipe lama meliputi pencucian dan penggantian filter PM 2.5 . PM 2.5 ini merupakan partikel halus di udara dengan ukuran 2.5 mikron yang bersumber dari polusi asap kendaraan, asap masakan, dan asap rokok.

"Filter PM 2.5 ini enggak bisa dicuci, harus diganti tiga sampai enam bulan, tergantung rumahnya dekat enggak sama sumber polusi atau dekat jalan," ujar Ronny dalam acara peluncuran konsep  Quality Air For Life beberapa waktu lalu.

Namun, Ronny menuturkan, kebanyakan orang baru mencuci pendingin udara ketika tidak terasa dingin. Mereka pun terkadang lupa jadwal mencuci AC ataupun mengganti filter PM 2.5.

Melihat hal ini, Ronny menuturkan Panasonic memproduksi AC yang dilengkapi dengan teknologi nanoe-G. AC berteknologi nanoe-G ini hanya memerlukan perawatan pencucian saja, tetapi tidak memerlukan penggantian filter PM 2.5. Teknologi ini sudah diperkenalkan sejak April 2019.

"Teknologi nanoe-G ini merekayasa H2O (air) menjadi O2 (oksigen) dan OH Radikal. OH Radikal ini akan menyerap PM 2.5 dan dikeluarkan ke luar ruangan," katanya.

Selain itu, Ronny juga mengungkapkan sirkulasi udara di dalam ruangan harus berjalan. Maka dari itu, selain menggunakan AC, rumah perlu dilengkapi dengan exhaust fan. Ini berguna untuk membuang udara kotor ke luar rumah.

Sedangkan, jika di gedung-gedung besar perlu AC dan ventilating fan. Ventilating fan berfungsi untuk mensirkulasikan udara dua arah (masuk dan keluar).  Ronny menyatakan, AC Panasonic berteknologi nanoe-G dapat berfungsi sebagai pendingin udara sekaligus pemurni udara.

"Kita bisa nyalain pemurni udaranya saja.  Listriknya jauh lebih rendah, sekitar 25 watt. Kalau merek lain harus dua-duanya nyala," ujarnya.

AC Panasonic berteknologi nanoe-G dapat menghilangkan bau, menghambat lima tipe polusi, bakteri, polusi, virus, jamur, alergen, serbuk sari, dan zat berbahaya. Selain itu, menurut Ronny, AC Panasonic berteknologi nanoe-G juga bisa melembabkan kulit dan rambut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA