Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Arus Lalu Lintas di Tol Cipularang dan Tol Cipali Lancar

Ahad 22 Dec 2019 05:05 WIB

Rep: Zuli Istiqamah/ Red: Agung Sasongko

Foto udara kendaraan yang melintas di kilometer 88 Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Ahad (27/10/2019).

Foto udara kendaraan yang melintas di kilometer 88 Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Ahad (27/10/2019).

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Meski padat volume kendaraan, arus lalu lintas lancar di kedua tol.

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA — Satlantas Polres Purwakarta ikut mengamankan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pada mudik Nataru tahun ini, arus lalu lintas terpantau lancar baik di Tol Cipularang dan Tol Cipali.

Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Januar Cahya Wibowo mengatakan paea Sabtu (21/12) terjadi peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta. Baik menuju Bandung melalui Tol Cipularang juga menuju Cirebon melalui Tol Cipali.

“Sampai saat ini masih lancar Tol Cipali termasuk Cipularang,” kata Bowo saat dikonfirmasi Republika, Sabtu (21/12) malam.

Ia menuturkan peningkatan volume kendaraan terpantau mulai terjadi sejak dini hari. Di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama tercatat peningkatan volume kendaraan dari Jakarta menuju Cirebon sekitar 2,71 persen atau naik 178 dari hari biasanya.

Begitupun, kata dia, untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung terpantau naik. Meski tidak terlalu signifikan arus lalu lintas terpantau lancar. “Dari GT Kalihurip Utama dari Jakarta ke Bandung volume kendaraan naik 1,4 persen,” ujarnya.

Peningkatan cukup signifikan justru terpantau untuk arah Cirebon menuju Jakarta yang naik 19,94 persen. Demikian pula dari Bandung menuju Jakarta naik berkisar 27,6 persen.

Sebelumnya sempat diberlakukan one way mulai ruas Km 70 Tol Jakarta Cikampek (Japek) sampai dengan Km 414 Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas. Namun one wah hanya diberlakukan hingga 13.45 WIB karena Lalu lintas yang terpantau lancar.

Ia mengaku arus mudik Nataru ini tergolomg lancar dan kondusif. Hingga malam hari masih tercatat ada peningkatan kendaraan baik di Tol Cipularan dan Tol Cipali.

“Malam ini masih ada peningkatan,  kemungkin besok ada penurunan,” ucapnya.

Selama musim Nataru ini, pihaknya tetap bersiaga memantau arus lalu lintas. Tidak hanya di ruas jalan tol, tapi juga di titik-titik lain yang menjadi peta titik kemacetan. Seperti tempat-tempat wisata.

“Jalur Cikopo menuju Purwakarta ke Darangdan lancar, Jalur Sadang ke Cibatu menuju Subang juga lancar, termasuk Jalur Wisata dari Purwakarta ke Wanayasa hingga Subang juga lancar,” tuturnya

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA