Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Persebaya Kalahkan Badak Lampung di Pertandingan Terakhir

Sabtu 21 Dec 2019 19:43 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pesepak bola Persebaya Osvaldo Ardiles Haay (kiri) berusaha melewati pesepak bola Perseru Badak Lampung FC Fernando Jose Gomes Junior (kanan) saat pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019).

Pesepak bola Persebaya Osvaldo Ardiles Haay (kiri) berusaha melewati pesepak bola Perseru Badak Lampung FC Fernando Jose Gomes Junior (kanan) saat pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019).

Foto: Didik Suhartono/ANTARA FOTO
Persebaya mengalahkan Badak Lampung dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Persebaya Surabaya mengalahkan Perseru Badak Lampung dengan skor 2-1 pada pertandingan terakhir Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (21/12) sore. Kemenangan ini menempatkan Persebaya di posisi kedua klasemen sementara.

David Da Silva mencetak dua gol pada laga pamungkas tersebut, masing-masing menit ke-70 dan 85, sedangkan gol Perseru Badak Lampung dilesakkan Aulia Hidayat pada menit ke-58. Pada menit ke-15 awal babak pertama, kedua tim sama-sama memiliki peluang emas, namun masih belum berhasil mengubah kedudukan.

Peluang tuan rumah didapat Diogo Campos yang mendapat umpan silang mendatar dari Oktavianus Fernando, tapi masih digagalkan kiper Perseru Badak Lampung Dikri Yusron. Sedangkan, kesempatan tim tamu didapat striker impor mereka Marquinhos melalui tendangan bebas, namun sepakannya masih tipis di atas mistar gawang Miswar Saputra.

Kembali "Bajol Ijo", julukan Persebaya, mendapat peluang emas menut ke-26 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti David Da Silva, namun masih diblok kiper lawan. Begitu juga ketika striker asal Brazil itu lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadap-hadapan dengan Dikri Yusron, tapi usahanya mengelabui kiper masih terbaca.

Peluang kembali diciptakan Persebaya pada menit ke-38 yang kali ini oleh Aryn Williams, tapi tendangan kerasnya masih membentur mistar gawang. Dua menit berselang giliran Perseru Badak Lampung yang nyaris memecah kebuntuan, tapi bola hasil tendangan bebas Marquinhos masih bergulir tipis di garis gawang setelah terlepas dari tangan Miswar Saputra.

Lagi-lagi Marquinhos mengancam tuan rumah melalui tendangan bebas, tapi sepakannya yang sudah melewati pagar betis masih membentur mistar gawang Miswar Saputra, dan skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Di awal babak kedua, Persebaya yang menargetkan poin penuh demi menjaga asa lolos ke Asia berusaha tampil lebih menyerang, termasuk memainkan Osvaldo Haay dengan menarik keluar Oktavianus Fernando.

Keasyikan menyerang, Persebaya kebobolan terlebih dahulu melalui Aulia Hidayat menit ke-58 memanfaatkan tendangan bebas yang masih membentur pagar betis, tapi bola justru jatuh di kaki Aulia dan melepaskan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti. Tertinggal, pelatih Persebaya Aji Santoso melakukan rotasi di lini tengah dengan menarik keluar Diogo Campos dan memainkan Rendi Irwan.

Persebaya akhirnya menyamakan kedudukan menit ke-70 setelah David Da Silva mencetak gol melalui tendangan penalti. Wasit Oki Dwi Putra asal Jawa Barat menunjuk titik putih setelah tangan pemain belakang Perseru Badak Lampung menyentuh bola di dalam kotak terlarang.

Usai disamakan kedudukan, Pelatih Perseru Badak Lampung Petrovic Milan melakukan rotasi di lini tengah dengan mengganti Haryanto Panto dan memasukkan Muhammad Fahri.

Babak kedua berakhir kurang lima menit, David Da Silva membawa timnya unggul 2-1 setelah mencetak gol melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan matang Ruben Sanadi yang masuk menggantikan Alwi Slamat di pertengahan babak kedua. Di sisa laga tanpa penonton tersebut, tak ada gol tambahan tercipta dan Persebaya mengakhiri pertandingan Liga 1 musim ini dengan hasil positif.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA